SUARA SUNYI DAN SAJAK YANG BERBICARA: ANALISIS SEMIOTIKA PUISI "AKU DAN SUNYI" DAN "KEPADA SAJAKKU"

Filaili Ainun Jariyah, Yulianah Yulianah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menjelaskan makna denotasi, konotasi dan makna mitos yang terdapat di dalam puisi “Aku dan Sunyi” dan puisi “Kepada Sajakku” dengan menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa informasi dan bait puisi yang didapatkan peneliti dari sumber penelitian, yaitu puisi “Aku dan Sunyi” dan puisi “Kepada Sajakku”. Hasil yang didapatkan dari penelitian adalah menunjukkan adanya makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos yang dapat dikaji dalam puisi “Aku dan Sunyi” dan puisi “Kepada Sajakku”. Secara makna denotasi dalam puisi “Aku dan Sunyi”, pengarang ingin menyampaikan perasaan kesepian yang mendalam. Secara makna konotasi dalam puisi “Aku dan Sunyi”, pengarang merasakan kesepian dan tidak adanya sebuah dukungan dari orang lain, pengarang mengharapkan dukungan agar bisa keluar dari situasi yang sulit. Secara makna mitos dalam puisi “Aku dan Sunyi”, pengarang ingin menyampaikan bahwa ketika seseorang merasakan kesepian, makan orang itu akan mencari sebuah jalan keluar dan dukungan dari orang lain. secara denotasi dalam puisi Kepada Sajakku, pengarang menyampaikan tentang ketidakadilan yang dirasakan dalam dunia yang sempit akal. Makna konotasi dalam puisi “Kepada Sajakku”, pengarang menyampaikan bahwa dalam dunia terdapat ketidakadilan. Secara makna mitos dalam puisi “Kepada Sajakku”, pengarang menyampaikan bahwa seseorang bisa melawan ketidakadilan yang dialami.


Keywords


puisi, denotasi, konotasi, mitos

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ahmad, M. I. (2021). Representasi semiotika Roland Barthes dalam syair “Ahinnu Ila Khubzi Ummi” Karya Mahmoud Darwish. An-Nahdah Al-’Arabiyah, 1(2), 247–267.

Ardhianti, M., Prawoto, E. C., Pujiastuti, R., & Risaldi, A. (2023). Semiotika Kritis Pendekatan dalam Teks Kejahatan Siber. CV Pena Persada.

Aziz, A. (2021). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 1–6.

Irfan, M., & Riza, Y. (2023). Semiotika Michael Riffaterre Dalam Puisi Zahaba al-Mudawi Wa al-Mudawa Karya Abu Atahiya. ’Ajamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 12(2), 325–336. https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.2.325-336.2023

Isnaini, H., & Herliani, Y. (2022). Ideologi Eksistensialisme Pada Puisi “Prologue” Karya Sapardi Djoko Damono: Existentialism Ideology in Sapardi Djoko Damono’s Poem" Prologue". Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 1(1), 21–37.

Juni, A. (2019). Apa itu sastra jenis-jenis karya sastra dan bagaimanakah cara menulis dan mengapresiasi sastra.

Karim, A. A., & Hartati, D. (2021). Nilai-Nilai Humanisme dalam Puisi Bertema Palestina Karya Helvy Tiana Rosa. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 93–101.

Kristianto, D. (2018). Eksistensialisme Tokoh Utama Dalam Cerpendi Joyoboyo Penyair Berteman Sunyi Karya Eko Darmoko. Jurnal Bebasan, 5(1).

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama).

Maghfiroh, A., Karim, M., & Rahariyoso, D. (2023). Kredo Puisi dan Mitos, Sebuah Ideologi Sastra Lisan dalam Karya Sutardji Calzoum Bachri. Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(3), 256–269.

Mustika, I., & Isnaini, H. (2021). Konsep Cinta pada Puisi-Puisi Karya Sapardi Djoko Damono: Analisis Semiotika Carles Sanders Pierce. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 6(1), 1–10.

PAWESTRI, K. R., Wijayanti, A., Kurniawati, P. D., Sari, R. W., & Suryanto, E. (2023). Kritik Politik dalam Puisi Memo: Rumah-rumah Batu karya Dorothea Rosa Herliany: Analisis Semiotika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 217–225.

Pratiwi, T. S., Putri, Y. R., & Sugandi, M. S. (2015). Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Logo Calais Tea. EProceedings of Management, 2(3).

Pribadi, B. S., & Firmansyah, D. (2019). Analisis semiotika pada puisi “barangkali karena bulan” karya ws. rendra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 269–276.

Rohilah, R., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Estafet Writing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 148–155.

Rohman, S., & Wicaksono, A. (2018). Tentang sastra: Orkestrasi teori dan pembelajarannya. Garudhawaca.

Sari, I. P., Febriyanti, F., Ujung, T. A., & Barus, F. L. (2021). Analisis Makna Konotasi dalam Lirik Lagu Bertaut Karya Nadin Amizah. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 22–32.

Setiani, F., & Arifin, Z. (2021). Nilai Edukatif Tokoh Burlian Dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Sebagai Bahan Ajar Cerita Inspiratif. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2), 1–12.

Setiawan, K. E. P., & Andayani, M. P. (2019). Strategi Ampuh Memahami Makna Puisi: Teori Semiotika Michael Riffaterre dan Penerapannya. Eduvision.

Shany, A., & Astuti. (2024). Analisis Gaya Bahasa Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono: Kajian Stilistika Alfia. Biduk: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 55–62.

Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27.

Supriyono, S., Wardani, N. E., & Saddhono, K. (2018). Diksi Konotatif Puisi-Puisi Subagio Ssatrowardoyo dan Implementasinya dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Gramatika, 4(1), 104–117.

Susanto. (2012). NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY DAN PINTU KARYA FIRA BASUKI (Kajian Intertekstualitas dan Nilai Pendidikan) TESIS. Universitas Sebelas Maret.

Tanjung, F. Z., & Setyami, I. (2021). Sastra & Pendidikan: Sehimpun Esai Koran-Jejak Pustaka. Jejak Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/