stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
IMPLEMENTASI METODE JOYFUL LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X-1 | Khayatun | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

IMPLEMENTASI METODE JOYFUL LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X-1

Nur Khayatun, Vanda Hardinata

Abstract


Penyampaian materi ajar oleh guru memang tidak selamanya berjalan dengan mudah dan menyenangkan. Berkaca dari hal tersebut, maka guru memerlukan sebuah metode pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode pembelajaran Joyful Learning. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Joyful Learning berbasis ice breaking pada pembelajaran teks negosiasi kelas X-1 SMAN 01 Batu. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Joyful Learning berbasis ice breaking pada mata pembelajaran bahasa Indonesia materi teks negosiasi berpengaruh pada bertambahnya semangat belajar siswa dan meningkatnya hasil pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Prosentase untuk pengaruh bertambahnya semangat belajar siswa memeroleh prosentase 70% dengan kategori sangat setuju dan 30% dengan kategori setuju. Sementara itu, prosentase untuk meningkatnya hasil pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan mendapat prosentase 67% dengan kategori sangat setuju dan 33% dengan kategori setuju. keduanya didasarkan pada hasil kuisioner yang telah dibagikan kepada siswa-siswi kelas X-1 SMAN 01 Batu serta didapat melalui hasil tes tertulis KD menulis teks negosiasi berbentuk naratif yang dilaksanakan di kelas X-1 SMAN 01 Batu.

Keywords


Joyful Learning; Ice Breaking; Teks Negosiasi

Full Text:

PDF

References


Hardani, H. A., dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Mustika Pustaka Ilmu Group.

Harianja, M. M. & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6 (1), 1324-1330.

Kasni, I. W. & Dewi, K. E. A. (2022). Ice breaking to Help the Children in Suwung Village in Starting the Process of Self-Establishment. Linguistic Community Service Journal. 3 (1), 23-29.

Miles, M.B. dan Huberman, M.A. (1992). “Qualitative Data Analysis”. Dalam Tjejep Rohadi (Ed.). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Nur, S. (2017). Pendekatan Joyful Learning Sebagai Metode Pembelajaran Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ekspose. 16 (2), 376-388.

Puspitasari, F. & Marzuki, I. (2023). Implementasi Penerapan Ice breaking untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas III UPT SDN 52 Gresik. Community Development Journal. 4 (2), 5405-5411.

Rahmaniyah, P. D. (2019). “Peningkatan Efektivitas Proses Belajar Siswa dengan Penerapan Ice breaking Siswa Kelas III SDN Giripurno 02 Batu.” Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. (Skripsi).

Subali, B., dan Handayani, L. (2021). Pengembangan CD Pembelajaran Lagu Anak untuk Menumbuhkan Pemahaman Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 8 (1).

Sunarto. (2012). Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media.

Wahyudin, N. A., Afnani, M. R. & Attalina, S. N. C. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Metode Joyful Learning Berbasis Ice breaking di SDN 4 Dongos. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal. 1 (4), 209-217.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol