PENERAPAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Sukma Dewi Daryani, Jamila Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode experiential learning dalam mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi teks laporan hasil observasi. Selain itu, mendeskripsikan wujud/hasil serta kelebihan dari penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.6. Data penelitian ini diperoleh melalui pengamatan langsung pada proses pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode ini dapat mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai 81-100 berjumlah 28 siswa dan yang mendapatkan nilai 61-80 berjumlah 8 siswa. Selain itu, wujud dari keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilihat dalam teks laporan hasil observasi yang dituangkan dalam bentuk poster. Siswa mampu menganalisis, mensintesis, memecahkan masalah, menyimpulkan dan mengevaluasi terhadap objek yang diamati. Siswa juga dapat mengambil deskripsi manfaat dari observasinya terhadap pohon pepaya, sampah plastik, kolam ikan, pohon apel dan tanaman anggrek untuk kehidupan sehari-hari.


Keywords


Experiential Learning; Berpikir Kritis; Observasi.

Full Text:

PDF

References


Aristhi, N. & Manuaba, I. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 25 No. 3, 2020.

Ennis, R. H. (2011). The Nature Of Critical Thinking: An Outline Of Critical Thinking Disposition And Abilities. University ofIllinios.

Garinalis, Winda, Nurasiah, and Dyah Lyesmaya. (2018). “Penerapan Pendekatan Experiential Learning dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar.”2(1).

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 8(1), 1–15. http://www.statsghana.gov.gh/docfiles/glss 6/GLSS6_MainReport.pdf%0Ahttps://resources.saylor.org/wwwresoures /archived/site/wpcontent/uploads/2015/07/ENVS2037.3.1ShawnMack enzieABriefHistoryOfAgricultureandFodProduction-CCBYNCSA.pdf

Hakima, A. dan Hidayanti, L. (2020). “Peran Model Experiential Learning dalam Pendidikan Berbasis Keterampilan Tata Busana”. E-Journal Volume 09 Nomor 3 Tahun 2020. Edisi Yudisium Periode November 2020. Hal 51- 59.

Keynes, M. (2008). Thinking Critically. United Kingdom: Thanet Pres.

Khoirussaadah & Hakim, F. (2019). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas XI Dengan Model (Experiential Learning) Pada Materi Titrasi Asam Basa. Journal f Educational Chemistry (JEC). 1(2):62.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Puspitowati, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV MI Riyadlatul Uqul”. Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya Vol.3, No.2, Desember 2019, hal 120-132.

Qosim, Arief. (2021). Strategi Belajar dan Pembelajaran : Untuk Mahasiswa FKIP. Banda Aceh : Syiah Kuala University Pres.

Ramadhani, R. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Jakarta : Yayasan Rumah Cemerlang Indonesia.

Redecker, C., et al. (2011). The Future of Learning: Preparing for Change. Luxembourg: Publications Office of the European Union.

S. Nurhasanah, Adam Malik, D. Mulhayatiah. (2017). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika (2017) Vol. 2 No. 2 : 58-62.

T. A. Angelo. (2013).“Classroom assessment for critical thinking,” Teach. Psychol. [H.W. Wilson EDUC], vol. 22, 1995.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v12i1.3570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/