Medan makna dalam acara modern moms trans7

Nita A

Abstract


Manusia merupakan mahkluk sosial yang selalu bergantung kepada manusia  lain untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya. Untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan sosial,manusia membutuhkan media perantara untuk dapat mengutarakan apa yang sedang ia inginkan, salah satu media yang digunakan adalah bahasa. Mulai dari pagi hari hingga menjelang tidur bahasa selalu ada dan digunakan sebagai alat penolong untuk menyampaikan segala sesuatu yang diinginkan. Hal ini ditegaskan oleh Rohmadi dan Nugraheni (2011:9) yang menyatakan bahwa bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia yang tidak dapat dipungkiri oleh siapapun yang hidup di dunia ini.

Penggunaan bahasa dalam berbagai situasi yang beragam dalam kehidupan masyarakat, membuat makna dari sebuah bahasa menjadi beragam jika dilihat dari berbagai sudut pandang.Bahasa terdiri dari kumpulan suatu unsur-unsur yang disebut kata, setiap kata mengandung makna. Agar dalam berkomunikasi dapat terjalin situasi yang selaras dan sejalan pemahaman tentang makna haruslah sudah dipahami karena makna dengan bahasa saling terkait satu sama lain.

Penggunaan bahasa sangat beragam dan memiliki makna yang beragam pula, sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh pemakai bahasa. Jika dalam berpuisi, bahasa yang digunakan tidaklah mengunakan kata-kata yang bersifat lugas namun lebih bersifat tersirat, jika dalam acara berita bahasa menggunakan kata-kata yang bersifat lugas dan efektif agar mudah dimengerti, dan pada sebuah acara talk show atau program acara hiburan di media massa televisi, bahasa yang digunakan bersifat lugas, efektif namun juga penuh dengan spontanitas sehingga kata-kata yang dihasilkan bervariasi.

                        Salah satu acara yang tayang  dimedia televisi yang berkategori berita dan hiburan adalah Modern Moms yang merupakan program acara yang menggunakan bahasa yang bersifat verbal sebagai alat untuk berinteraksi dengan khalayak  atau pemirsa. Program acara Modern Moms merupakan acara yang baru berjalan selama 2 tahun yang tayang di stasiun televisi swasta Trans7 dengan mengusung tema minat dalam dunia parenting yang didalamnya banyak membahas mengenai pola mengasuh anak, perkembangan, kesehatan, gizi anak dan isu-isu yang sedang terjadi serta dibutuhkan dalam lingkungan keluarga. Penyampaian materi dalam acara modern Moms, dikemas dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami, yang penuh dengan nuansa edukatif, sehingga  program acara Modern Moms menjadi tayangan yang banyak menarik minat khalayak sasaran dewasa ini.

Bahasa dapat dikaji dengan menggunakan berbagai macam pendekatan.Namun pada penelitian yang sedang dilakukan, peneliti memilih menggunakan pendekatan semantik.Fokus peneliti adalah  membahas dan meneliti medan makna. Menurut Harimurti dalam Chaer (2009:110-113) mengatakan medan makna merupakan bagian dari sistem semantik bahasa yang menggambarkan bagian dari bidang kebudayaan atau realitas dalam alam semesta tertentu yang direalisasikan oleh seperangkat unsur leksikal yang maknanya berhubungan. Medan makna dapat digolongkan menjadi dua, yaitu golongan kolokasi dan golongan set. Peneliti memilih fokus pada medan makna dikarena medan makna merupakan salah satu bahasan utama dalam semantik, medan makna bukanlah bahasan semantik yang sederhana karena membutuhkan pemahaman yang tinggi agar dalam melakukan penelitian tidak terjadi ketumpang tindihan dalam menganalisis data kolokasi maupun set, selain itu dengan mempelajari medan makna juga menambah kecermatan dan ketelitian untuk menemukan hubungan relasi kata dan maknanya.

Beberapa alasan peneliti memilih acara Modern Moms trans7 yang dibawakan oleh Monaratuliu, Kamidia Radisty dan Dian Ayu edisi setiap hari minggu pada bulan Januari 2016 adalah pertama, karena ketika peneliti menganalisis dengan cara mentranskrip tuturan pada acara modern moms, banyak ditemukan data sesuai dengan pendekatan yang dipilih yakni medan makna, dibandingkan dengan beberapa program acara yang telah analisis pula oleh peneliti seperti Hitam Putih dan Kick Andy yang hanya sedikit ditemukan data dan kurang bervariasi.

Kedua, karena program acara Modern Moms Trans7 memiliki konsep yang menarik  yakni mampu menyampaikan tema-tema inspiratif, informatif, menghibur serta eduktif yang dibawakan secara santai, menyenangkan dan berbeda dengan program acara yang lain, sehingga program acara Modern Moms Trans7 merupakan satu-satunya acara yang tayang ditelevisi yang memiliki konsep parenting yang dikemas dengan menarik dan modern yang tidak menjemukan, selain itu  alasan peneliti lebih memilih tayangan Modern Moms edisi  setiap hari minggu dikarenakan tayangan akhir pekan lebih spesial dibandingkan dengan hari lain. 

Alasan yang ketiga, karena pentingnya memahami makna dalam bahasa, hal ini disebabkan karena dalam acara modern moms memiliki variasi bahasa yang cukup banyak yang tidak hanya menggunakan bahasa sehari-hari melainkan juga sering dijumpai bahasa yang berhubungan dengan istilah kedokteran, kesehatan dan pendidikan dan bahasa sendiri memiliki unsur-unsur didalamnya yang disebut dengan kata dan setiap kata selalu dibebani dengan makna, berdasar dari alasan tersebut maka makna bahasa dalam acara modern moms patut dijadikan objek dalam kajian semantik yang khususnya medan makna.

Berdasarkan latar belakang yang telah dijabarkan, maka peneliti menggunakan judul “Medan Makna dalam Acara Modern Moms Trans7 untuk mengetahui makna kata yang khususnya medan makna golongan kolokasi dan medan makna set yang terdapat pada tuturan dalam program Modern Moms Trans7.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/