NILAI-NILAI SOSIAL DALAM NOVEL “ARAH LANGKAH” KARYA FIERSA BESARI

Hairul Imam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang ada dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. Nilai-nilai sosial yang dikaji dalam tulisan ini adalah (1) kesopanan, yaitu aturan hidup bermasyarakat tentang tingkah laku yang baik dan tidak baik, patut dan tidak patut dilakukan, yang berlaku dalam suatu lingkungan masyarakat atau komunitas tertentu (2) kebijaksanaan, yaitu penilaian yang baik dari perilaku yang ada (3) menghargai orang lain, yaitu pendirian atau sikap yang termaninfestasikan pada kesediaan untuk menerima berbagai pandangan dan pendirian yang beraneka ragam meskipun tidak sependapat dengannya (4) tanggung jawab, yaitu mencoba membina diri untuk selalu menggunakkan hal-hal yang positif dan (5) rasa kemanusiaan, yaitu sesuatu yang mengangkut kelakuan dan perbuatan manusia yang sesuai dengan norma dan menghormati martabat manusia lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam novel tersebut. Sumber data penelitian adalah novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. Data penelitian berupa dialog maupun monolog. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mencatat poin-poin penting menjadi pokok penelitian dalam kartu data untuk diklasifikasikan sesuai dengan jenis nilai-nilai sosial yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai sosial yang ada dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial, yakni (1) kesopanan, dalam novel ini berupa sopan-santun, tegur sapa, menjaga sikap terhadap orang lain, tatakrama yang baik, ramah dan mudah bergaul terhadap orang yang dikenal maupun baru dikenal. (2) kebijaksanaan, dengan sikap mampu mempertimbangkan baik buruk sebuah keputusan serta menyelesaikan permasalahan dengan bijak dan mengambil pelajaran hidup dari sebuah kejadian (3) menghargai orang lain, ditunjukkan dengan sikap mampu melihat kelebihan orang lain dengan memberikan pujian, pengertian terhadap kondisi orang lain, menjaga sikap agar tidak menyakiti dan mempermalukan orang lain (4) tanggung jawab, berupa tanggung jawab terhadap tugas yang telah dibebankan, serta menerima konsekuensi atas perbuatan yang telah dilakukan dan (5) rasa kemanusiaan, ditunjukkan dengan sikap simpati dan empati terhadap penderitaan orang lain. Nilai sosial yang dominan dalam penelitian ini adalah nilai kesopanan, yaitu  tegur sapa, menjaga sikap terhadap orag lain, tatakrama yang baik dan ramah terhadap sesama.

Keywords


Kesopanan, Kebijaksanaan, Menghargai Orang lain, Tanggung jawab, Rasa Kemanusiaan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Soerjono Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafmdo Persada. 2002

Besari, Fiersa. 2018. Arah Langkah. Jakarta: Mediakita.

Djamaris, Edward, dkk. 1996. Nilai Budaya dalam Beberapa Karya Sastra Nusantara. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

A.W. Widjaja. 2002. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Lerner, R. M, Ann Easterbrooks, & Jayantri Mistry. (2003) Handbook of psycology. Vol 6 Development Psycology. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Bahari, H. 2010. Toleransi Beragama Mahasiswa (Studi tentang Pengaruh Kepribadian, Keterlibatan Organisasi, Hasil Belajar Pendidikan Agama, dan Lingkungan Pendidikan terhadap Toleransi Mahasiswa Berbeda Agama pada 7 Perguruan Tinggi Umum Negeri), Laporan Penelitian. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama.

Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i2.905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/