ETIKA KEKUASAAN JAWA PADA NOVEL GAJAH MADA KARYA LANGIT KRESNA HARIADI

Emi Wahyunintias

Abstract


ABSTRAK

 

Wahyuningtias, Emi.2014. Etika Kekuasaan Jawa Pada Novel Gajah Mada Karya Langit Haridai. STKIP PGRI Jombang. Dosen Pembimbing: Mu’minin, M.A

 

Kata kunci:Etika Kebudayaan Jawa

 

Penelitian ini mengkaji novel Gajah Mada karya Langit Kresna Hariadi dilihat dari kajian Etika Dasar Politik dalam Kebudayaan Jawa, serta masalah etika kekuasaan dalam karya sastra merupakan fonomena menarik dalam memberikan deskripsi wacana etika dasar politik kebudayaan Jawa dan sastra. Selain itu isi dari novel tersebut lebih dominan tentang perebutan kekuasan yang bertujuan dalam memperoleh takhta dan angkara.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang etika dasar  kebudayaan Jawa dalam novel Gajah Mada karya Langit Kresna Hariadi diantaranya: agnida,wisada, dan atharwa.

Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam meneliti NovelGajah Mada karya Langit Khrisna Hariadi adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan alasan pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi yang berupa kalimat pada paragaf.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam novel Gajah Madakarya Langit Krisna Hariadi terdapat sad paramuka dalam bentuk (a) Suka Meracun (Wisada), (b) Melakukan Ilmu Hitam (Atharwa) perilaku bergelut dalam kemelut takhata dan angkara yang terapat pada novel Gajah Mada.

Berdasarkan hasil penelitian di atas diharapkan dapat memberikan motifasi bagi masyarakat luas untuk lebih memahami dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuannya dibidang sastra dengan segala dinamikanya, khususnya teori sastra sosiologi.


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/