IDEOLOGI DALAM FILM JOKOWI KARYA AZHAR KINOI LUBIS

Achmad Fandi

Abstract


Wacana merupakan rangkaian ujaran atau rangkaian tindak tutur yang mengungkap suatu hal (subjek) yang disajikan secara teratur dan sistematis. Melihat dari sisi perkembangan ide-ide dan ilmu pengetahuan di Indonesia saat ini. perkembangan ide dan ilmu pengetahuan sering disebut dengan ideologi.

Dalam skripsi ini membahas tentang nilai ideologi, mengenai bentuk penelitian ini ada dua bentuk ideologi yakni,  ideologi politik dan ideologi rasis. Ideologi politik dan ideologi rasis ini terkandung dalam Film Jokowi karya Azhar Kinoi Lubis. Sehubungan dengan hal itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan nilai ideologi yang terkandung dalam Film Jokowi karya Azhar Kinoi Lubis. Permasalahan yang dibahas dianalisis dengan menggunakan teori Yoce Aliah Darma.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu memberikan gambaran data secara ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah Film Jokowi karya Azhar Kinoi Lubis, kemudian sumber data dipilih berdasarkan nilai ideologi. Dengan menggunakan teknik : mengunduh, melihat, pemberian kode, identifikasi, klasifikasi.

Hasil penelitian ini dapat dijelaskan, bahwa Film Jokowi karya Azhar Kinoi Lubis terdapat nilai ideologi yaitu, ideologi politik dan Ideologi rasis. Nilai ideologi Politik berhubungan dengan merayu, kekuasaan, strategi, dan motivasi sedangkan klasifikasi untuk ideologi rasis adalah diskriminasi, prasangka, perbudakan, dominasi, dan kesenjangan.

Melalui hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai ideologi itu mencerminkan perkembangan ilmu tertentu. Melalui Film Jokowi karya Azhar Kinoi Lubis dapat tergambar perkembangan ide dan ilmu pengetahuan yang bisa diteladani dan dijadikan panutan.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/