PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK DEWI MASYITHOH I KRATON KENCONG JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan urutan dan tahapan pemerolehan bahasa kedua, strategi pemerolehan bahasa kedua, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa kedua pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Dewi Masyithoh I Kraton Kencong Jember. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, di dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif deskriptif fenomenologis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dengan model simak cakap, teknik wawancara, dan studi dokumenter. Setelah data terkumpul dianalisis dengan menggunakan model spiral analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Urutan dan tahapan pemerolehan bahasa kedua pada anak usia dini meliputi: tahap satu kata ke dua kata dan tahap pemerolehan kalimat yang kompleks. (2) Strategi atau cara pemerolehan bahasa kedua pada anak usia dini yaitu (a) pemerolehan bahasa kedua secara terpimpin, dan (b) pemerolehan bahasa kedua secara alamiah. (3) Keberhasilan pemerolehan bahasa kedua pada anak usia dini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain (a) faktor lingkungan, (b) faktor bahasa pertama, dan (c) faktor usia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, dkk. 1997. Teori Belajar Bahasa. Jakarta:Universitas Terbuka.
Ardiana dan Syamsul Sodiq. 2000. Psikolinguistik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Chaer. Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul dan Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Cresswel, John W. 2007. Qualitative Inquiry & Researh Design: Choosing Among Five Approaches. California: Sage Publication, inc.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2008. Psikolinguistik, Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Dawud. 2008. Prespektif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: UM Press.
Ellis, Rod. 1986. Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.
Ghazali, Abdus Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa: dengan pendekatan komonikatif-interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.
Hasanah, Mamluatul. 2010. Proses Manusia Berbahasa: Prespektif al-Qur’an dan Psikolinguistik. Malang: UIN Maliki Press.
Indah, Rahmani Nur dan Abdurrahman. 2008. Psikolinguistik: Konsep&Isu Umum. Malang: UIN- Malang Press
Indah, Rahmani Nur. 2012. Gangguan Berbahasa: Kajian Pengantar. Malang: UIN- Maliki Press.
Solehan, dkk. 2011. Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka
Sumarsono. 2007. Sosiolinguistik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Syamsudin dan Vismaia S. Damaianti. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remadja Rosda Karya.
Wardhaugh,R. 1990. An Introduction to Sosiolinguistics. Oxford: Basil Blackweel Ltd.
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v6i4.961
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/