Pengaruh Media Visual Komik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X MIPA 12 SMA Budi Utomo Perak Tahun Ajaran 2017/2018
Abstract
Proses pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah kerap menggunakan pembelajaran berbasis teks. Akan tetapi bila media pembelajaran yang kurang mendukung menyebabkan siswa merasa mengantuk, dan jenuh. Pemilihan media yang tepat dan bervariasi seperti media komik dipilih karena memiliki beberapa kelebihan di antaranya: 1) siswa pada umumnya suka membaca komik, 2) dapat dibaca kapan saja, 3) fleksibel, 4) materi yang dimuat dalam bentuk media komik mudah dipahami oleh guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran, 5) menyajikan ilustrasi gambar yang menarik dan dialog yang ringkas.
Tujuan penelitian ini untuk megetahui apakah ada pengaruh dan kefektifan dari media visual komik terhadap hasil belajar keterampilan menulis teks biografi pada siswa kelas X MIPA 12 di SMA Budi Utomo Jombang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen model one group pretest-posttest design. Pengambilan data berdasarkan hasil pretest dan posttest yang bersifat subjektif. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hasil pada tabel paired samples t-test diperoleh yaitu Sig (2-tailed) < α = 0,000 < 0,05. Sehingga pada nilai probalitas uji t berada pada penolakan H0. Sedangkan pada tabel paired samples t-test diperoleh data t hitung = 4,853 dengan t tabel = 1,681, karena t hitung lebih besar daripada t tabel, yaitu 4,853 > 1,681, maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari media komik terhadap hasil belajar menulis teks biografi siswa kelas X MIPA 12 di SMA Budi Utomo Jombang tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Media Visual Komik, Hasil Belajar, Keterampilan Menulis
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustinus. (2016). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Teks Observasi Untuk Siswa Kelas VII SMP Pagundi Luhur 1 Yogyakarta. (Online). Diakses dari https://repository.usd.ac.id/4949/2/101224069_full.pdf pada 16 Nopember 2017.
Ali. D.I. (2017). Analisis Penalaran Deduksi Pada Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Disertai tidak diterbitkan. Malang, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Malang.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik¬-Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta Utara: PT. Rajagrafindo Persada
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis.Jakarta: Rajawali Pers
Hidayat, Febi. (2015). Pembuatan Buku Komik Sawunggaling.(Online). Diakses dari jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/viewFile/13342/12246 pada 21 Maret 2018.
Hikmat Solihati. (2013). Bahasa Indonesia (Untuk Mahasiswa S1 & Pascasarjana, Guru, Dosen, Praktisi, dan Umum). Jakarta: PT. Grasindo
Kemendikbud. (2017). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia: Buku Guru. (Edisi Revisi). Jakarta. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang
Maksum, Ali. (2012). Metode Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Martono, Nanang. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Munadi. (2010). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gaung Persada Press
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Rozak dan Hidayati. 2013. Pengolahan Data dengan SPSS. Malang: Intrans Gramedia
McCloud, Scott. (1994). Understanding Comics: The Invisible Art. New York: HarperCollins Publishers, Inc., 10
Setyowati. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang. (Online). Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/1088/1/2668.pdf pada 24 Maret 2018
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta
Tarigan. (2008). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v6i4.965
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/