EFEKTIVITAS SCAFFOLDING METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs AL MA’ARIF BRUDU SUMOBITO JOMBANG
Abstract
Proses pembelajaran memerlukan peran guru dalam membantu, menuntun, membimbing, dan mengarahkan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pemberian bantuan (scaffolding) berupa instruksi pada aspek metakognitif diharapkan dapat memberikan dampak pada proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas scaffolding metakognitif pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII di MTS Al Ma’arif Brudu Sumobito Jombang. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode quasi eksperiman. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa, sedangkan data dianalisis menggunakan uji t sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran scaffolding metakognitif memberikan dampak terhadap hasil belajar, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (pembelajaran dengan scaffolding metakognitif), selain itu adanya respon positif siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran scaffolding metakognitif memberikan dampak proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan adanya respon positif siswa terhadap pembelajaran meskipun belum memberikan dampak secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.
_______________________________________________________________
Kata Kunci: scaffolding metakognitif, pembelajaran matematika, hasil belajarFull Text:
PDFReferences
Livingstone, J., (1997), Metacognition: An Overview. (tersedia di www.gse.buffalo.edu/fas), diakses 2 Desember 2014.
de Pol, J.V., Volman, M., dan Beishuizen, J., (2010), Scaffolding in Teacher–Student Interaction: A Decade of Research, Educ Psychol Rev 22:271–296
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Holton, D., David, Clarke. (2006). Scaffolding and Metacognition, International Journal of Mathematical Education In Science And Technology, Vol. 37, No. 2, 2006, 127–143
Awi, (2010), Jenis-Jenis Scaffolding Metakognitif yang Perlu Diberikan dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA, Disertasi, Universitas Negeri Surabaya Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika.
Marpaung, Y., (2011). PMRI and Metacognitive Scaffolding, Proceeding International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University Yogyakarta,
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Udin S. Winataputra, (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ratumanan, T.G. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Anghileri, J. (2006). Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning. In Journal of Mathematics Teacher Education. Vol. 9: 33–52.
Lai, E., R., (2011). Metacognition: A Literature Overview, Research Report, Pearson, ( Online), http://www.pearsonassessments.com/, diakses 12 April 2014
Wilson, J., Clarke D. (2004), Towards the Modelling of Mathematical Metacognition. Mathematics Education Research Journal. 16(2) p. 25-48.
Murni, A. (2010). Pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif berbasis masalah kontekstual. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: Yogyakarta.
Permata, S. P. (2012). Penerapan strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang. Journal Pendidikan Matematika UNP, 1(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services