KEMAMPUAN SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Tattaqun Cahyo, Aminudin Juhri, Syarifatul Maf’ulah

Abstract


Kemampuan siswa SMA dalam memecahkan masalah program linear yang berbentuk soal cerita perlu mendapatkan perhatian serius. Faktanya dalam kehidupan sehari-hari siswa tidak menghadapi langsung bilangan ataupun lambang bilangan melainkan soal cerita yang terkait dengan sebuah topik matematika. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai saat belajar matematika di SMA adalah menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan Program Linear. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SMA dalam memecahkan masalah Program Linear ditinjau dari gaya belajar, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode angket, tes, dan wawancara. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian : 1). Subjek dengan gaya belajar visual memahami masalah dengan menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya, menyusun rencana penyelesaian dengan mengingat instruksi verbal, sistematis dalam melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksanya kembali serta menyimpulkan dari yang ditanyakan. 2). Subjek dengan gaya belajar auditori memahami masalah dengan menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya, menyusun rencana penyelesaian dengan mengingat,   menjelaskan dengan sistematis, dan lengkap dalam melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksanya kembali serta menyimpulkan dari yang ditanyakan.  3). Subjek dengan gaya belajar kinestetik memahami masalah dengan menyebutkan apa yang diketahui dan ditanya, menyusun rencana penyelesaian dengan mengingat,   melaksanakan rencana penyelesaian dengan tidak sesuai prosedur, dan memeriksanya kembali serta menyimpulkan dari yang ditanyakan.

Full Text:

PDF

References


. Arifin Z. 2010. Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya: Lentera Cendikia.

. Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikana Nasional Republik Indonesia tentang Standart Isi dan Standart Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

. Deporter, bobby dan Mike Hernacki. 2003. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

. Hudojo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA-Universitas Negeri Malang (UM).

. National Council of Teacher of Mathematics. 2000. Principles and Standart for School Mathematics. NCTM

. Priatna, Nanang dan Darhim. 2003. Problem Possing dan Problem Solving dalam pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

. Siswono, Tatag YE. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreati . Surabaya: Unesa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.