KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI TK IT NUR AL IZHAR KEBONSARI

Rosyida Nurul Anwar, Alisa Alfina

Abstract


Setiap kepala sekolah dihadapkan pada tantangan untuk melaksanakan pengembangan pendidikan secara terarah, sistematis, berencana dan berkesinambungan. Dalam mewujudkan proses dan hasil pendidikan yang berkualitas, kepala sekolah memiliki peran dalam mengembangkan profesionalisme guru dikarenakan guru merupakan komponen yang berhadapan langsung dengan peserta didik dan agar terwujudnya guru profesiona sesuai harapan sekolah. Tujuan penelitian adalah; 1) Untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari, 2) Untuk mendeskripsikan pengembangan profesionalisme guru di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian menggunakan penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa; 1) kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari menerapkan kepemimpinan demokratis. dengan memberikan kebebasan guru untuk meningkatkan kompetensinya. 2) Pengembangan profesionalisme guru di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari dilakukan dengan memfasilitasi guru pada pelatihan, dan bimbingan teknis, serta mengikutsertakan guru pada kegiatan diluar sekolah yaitu kegiatan kolektif Gugus dan IGTKI, dan kesertaan guru pada forum ilmiah berupa workshop dan seminar. Kepemimpinan kepala sekolah sebagai penentu keberhasilan suatu lembaga pendidikan dengan memaksimalkan seluruh komponen pendidikan terutama guru agar terciptanya guru yang professional sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


Maachali dam A. Hidayat, The handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah atau Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016

M. Toha, Kepemimpinan dalam Manajemen; Suatu Pendekatan Perilaku. Jakarta: PT Grasindo, 2003

Y. Dewi, W.N.Nasution, dan Manurung, “Pengembangan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan,” Jurnal Edu Riligia, vol. 2, no 3,pp.373-389

A.D.K. Putrid an N. Imaniyati, “Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” Jurnal Pendidik. Manaj, Perkantoran, vol 2, no.2, pp. 93-101, 2017

N.I.I.Kurniawati, “Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah TsanawiyahAl Huda Desa Mojoduwur Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk, “Intelektual, J. Pendidik dan Studi Keislaman, vol.8, no 2, pp.261-276, 2018

K. Roseler dan M. W. Dentzau, “Teacher Professional Development; A Different Perspective”, Cult. Stud. Sci. Educ., vol 8, no.3, pp. 619-279, 2013

R. Ariyani, “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru”,’ J.Al-Afkar, Vol..5, no.1, pp. 107-128, 2017

A. Wahab dan Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan da Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta; Ar Ruzz Media, 2011

K. Kartono , Pemimpin dan Kepemimpinan; Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?. Jakarta: Rajawali Press, 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.