KEMAMPUAN SISWA SDN PAKIS 1 DALAM MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN

. Pamiluwati, . Sulikah, . Nurwiani

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SDN Pakis 1 dalam memecahkan masalah pecahan dengan teori polya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pakis 1 dengan 1 orang subjek yakni siswa yang memiliki nilai matematika sesuai KKM+2. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes pemecahan masalah matematika dan wawancara yang didesain agar sesuai dengan indikator pemecahan masalah. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: kemampuan subjek melakukan dua kali penugasan dengan masalah yang sama. kemampuan siswa SDN Pakis 1 dalam memecahkan masalah pecahan menurut teori polya yaitu a) Memahami Masalah Subjek memisahkan informasi pada soal, menjadi hal-hal apa yang diketahui b) Membuat Rencana Pemecahan Masalah Subjek menggunakan plastic untuk menjelaskan hitungan berat setiap plastiknya c) Melaksanakan Rencana Subjek menuliskan banyaknya plastik yang terpenuhi dan mendaftar seluruh berat tiap plastic sampai sejumlah banyaknya plastic d) Memeriksa Kembali Jawaban Subjek yang diperoleh dengan menjumlah seluruh penyebut dengan pembilang tetap serta mengubah jawaban dalam bentuk pecahan campuran

Full Text:

PDF

References


Halimah, I.N., Poerwanti, J. IS., & Djaelani. (t.t.). Penggunaan media blok pecahan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan pecahan sederhana. Jurnal Media Pembelajaran Matematika, hlm. 1-6. [Online]. Diakses dari https://www.scribd.com/doc/251108219/Jurnal-Media-PembelajaranMatematika.

Maf’ulah, S., Juniati, D., & Siswono, T.Y.E. 2017. The aspects of reversible thinking in solving algebraic problems by an elementary student winning National Olympiad medals in science. World Transactions on Engineering and Technology Education (WTE&TE), 15, 2, 189.

Moleong,L.J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

National Council of Teacher of Mathematics. 2000. Principles and Standart for School Mathematics. NCTM

Octavia, Y., & Purwanto. (2013). Penggunaan media blok pecahan dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pengurangan pecahan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), hlm. 1-10.[Online]. Diakses dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian pgsd/article/view/3175.

Polya, George. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. (Second Edition). New Jersey: Princeton University Press.

Prihandoko, A.C. (2006). Koneksi dan penyajian konsep matematika secara benar dan menarik. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pt Direktorat Ketenagaan 2006.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.