PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN EKONOMI BERKARAKTER PANCASILA MELALUI MODEL ECONOMICS COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER MAHASISWA PADA MATA KULIAH EKONOMI MAKRO

Nailariza Umami, Maria Aghata Sri Widyanti Hastuti

Abstract


Dalam perkuliahan sering kali dosen menggunakan metode ceramah dalam melaksanakan pembelajaran, karena hanya terfokus pada mengejar ketuntasan materi. Hal ini membuat minat mahasiswa dalam pembelajaran ekonomi makro semakin lama semakin menurun, akibatnya penguasaan materi dapat dikatakan sangat rendah. Padahal mata kuliah ekonomi makro adalah mata kuliah dasar yang sangat penting untuk dikuasai oleh mahasiswa pendidikan ekonomi karena akan menjadi kompetensi professional pada saat menajadi seorang guru nantinya. Hal ini berimbas pada kecurangan-kecurangan yang dilakukan mahasiswa pada saat UTS dan UAS hanya untuk mendapat IPK yang bagus. Keadaan tersebut berarti bahwa pembelajaran ekonomi makro yang selama ini dilaksanakan di kelas cenderung mengajarkan nilai-nilai liberalisme kepada mahasiswa serta melupakan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia yang terkandung pada Pancasila dan UUD 1945 khususnya pada pasal 33 sehingga hanya mencetak generasi penerus bangsa yang berjiwa liberalisme ketimbang berjiwa Pancasila. Karena itulah penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkanlah pembelajaran ekonomi berkarakter kebangsaan melalui model Economic Cooperative Learning untuk mewjudkan pembelajaran ekonomi yang dapat menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945. Penelitian ini menggunakan pendekatan model Design Based Research dalam pengembangan Pembelajaran Ekonomi Berkarakter Kebangsaaan Melalui Model Economic Cooperative Learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik statistika deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil tanggapan mahasiswa pada saat uji coba di kelas 2A Prodi Pendidikan Ekonomi sebesar 91,4% Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Economics Cooperative Learning dapat memahamkan mahasiswa tentang konsep ekonomi yang sesuai dengan idiologi Bangsa Indonesia terutama dapat menanamkan nilai-nilai karakter kebangsaan diantaranya, cinta produk Indonesia, menjunjung tinggi kebersamaan, menghargai pendapat orang lain, hemat, bijak dan musyawarah untuk mufakat

Full Text:

PDF

References


. Dewantara, Ki Hadjar. 1977. Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

. PERMENRISTEKDIKTI,2015. Standar Nasional Perguruan Tinggi No.44 Tahun 2015. Jakarta: Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

. Sinawang, Helena Asri. 2008. Guru dan Watak Bangsa, dari http://www.keyanaku.blogspot.com. Diunduh 16 Desember 2012

. Surakhmad,Winarno, dkk. 2003. Mengurai Benang Kusut Pendidikan. Jakarta: Transformasi

. Witjaksono, M. 2010. Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Pembimbingan Skripsi Mahasiswa Melalui Implementasi Pos-Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.