PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE APLIKASI KAHOOT PADA PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN

. Masruchan

Abstract


Instrumen Evaluasi merupakan alat ukur untuk menilai  sejauh mana proses perkuliahan tersampaikan kepada Mahasiswa. Berdasarkan dari hasil angket kebutuhan didapat bahwa Dosen belum memanfaatkan alat evaluasi yang dalam pengambilan keputusan nilai pada mahasiswa. Dalam pengambilan nilai Dosen masih menggunakan metode konvensional (kertas). Sehingga dibutuhkannya alat evaluasi yang dapat membuka pola pikir mahasiswa dalam pembelajaran. Dengan semakin berkembangnya alat teknologi dan komunikasi dalam dunia pendidikan, peneliti menggunakan aplikasi KAHOOT dengan memanfaat potensi yang ada di kampus yaitu ketersediaan komputer dan jaringan Wi-Fi yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana kelayakan alat evaluasi menggunakan Software Aplikasi KAHOOT dan bagaimana respon mahasiswa atas alat evaluasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan instrumen tes. Pada hasil penilaian para mahasiswa memperoleh persentase akhir yang sangat menggembirakan sebesar 81% dengan kriteria kuis sangat menarik. Disimpulkan bahwa alat evaluasi berbentuk test online yang diaplikasikan sangat layak sebagai alat evaluasi yang baik digunakan dalam perkuliahan Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


. Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011. Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

. —. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

. —. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

. Djaali. dan Pudji Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2008.

. Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan ( Research and Development ).Bandung: Alfabeta, 2016.

. —. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2015. Sukardi. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009

. Made, Wena. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

. Soehartono, Irawan.2008. Metode Penelitian sosial Suatu Teknik Penelitian Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

. Suprihatin. 2018. Jenuh Mengajar, Main Kahoot Yuk! (Online) http://suprihatintatin81.blogspot.com/2018/02/jenuh-mengajar-main-kahoot-yuk.html diakses pada tanggal 7 Maret 2019.

. Warsono, Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Wikipedia. Kahoot! (Online) http://en.m.wikipedia.org diakses pada tanggal 10 Juli 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.