FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT DI DESA MADE KECAMATAN KUDU KABUPATEN JOMBANG

Nia Agustina, Santri Salam

Abstract


Pendidikan merupakan sebuah cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu berfikiran logis, analisis, sistematis, dan kritis dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Alasan pemilihan topik ini berawal dari rasa keingintahuan terhadap hal-hal yang menjadi latar belakang mengapa banyak masyarakat Desa Made yang tidak melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya pendidikan yang ada pada Desa Made dan Bagaimana pandangan masyarakat Desa Made terhadap pentingnya pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumen. Dengan fungsi triangulasi sumber hasil penelitian adalah faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya tingkat pendidikan masyarakat Desa Made antara lain faktor motivasi individu, kondisi sosial, kondisi ekonomi, motivasi orang tua, serta budaya dan pandangan masyarakat Desa Made terhadap pentingnya pendidikan masih terbilang kurang, terlihat dari kepeduliannya untuk menyekolahkan anaknya belum menjadi suatu hal yang utama. Dengan adanya penelitian ini diharapkan masyarakat lebih memahami pentingnya pendidikan agar tercipta sumber daya manusia yang lebih berkualitas

Full Text:

PDF

References


] Koentjoroningrat. 2009.Sejarah Teori Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta.

] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

] Brata, DPN. 2018. Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament (TGT) Berbasis Karakter Guru PPKN DI SMKN 1 Mojoagung. (Online), (http://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/566/397). Diakses 25 Agustis 2019

] Gerungan, WA. 2009. Psikologi Sosial Hubungan Antara kondisi sosial orang tua terhadap pendidikan anak. (Online). https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi-article/download/11544/8610.pfd. diakses pada 18 juni 2019.

] Hasbullah, M. 2014. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan dalam perguruan tinggi. (Online). http://lib.ui.ac.id/file?file=pdf/metadata-20336863.pdf. diakses pada 18 juni 2019.

] Kusuma, W. 2015. Perbedaan Motivasi belajar Siswa Antara yang Mendapatkan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Non—CTL (Tradisiona) (Online). http://journal.unair.ac.id/filerPDF/jppp11a466eeb4full.pdf. diakses pada 18 juni 2019.

] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.