ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA BERTIPE GAYA BELAJAR VISUAL

Lidia Wati, Linda Tri Imtichani, Lia Budi Tristanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematika berdasarkan gaya belajar visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi.Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data.Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Subjek penelitian diambil dari siswa kelas X yang dipilih berdasarkan gaya belajar visual , auditori dan kinestik tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan wawancara.Kemampuan komunikasi matematika subjek bergaya belajar visual meliputi menggunakan simbol/ notasi dan operasi matematika dengan tepat, subjek menuliskan apa yang diketahui dan ditanya dari soal, subjek mengambar pada penyelesaian soal, dan subjek menuliskan rumus pada penyelesaian soal..

Full Text:

PDF

References


Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning and Communicating. K8: Helping Children Think Mathematically. New York: MacMillan Publishing Company.

Mulyono, A. (2009). Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics..The NCTM Inc.

Prashign, Barbara. (2007). The Power of The Learning Styles: Memicu Anak Melejitkan Prestasi dengan Menggali Gaya Belajarnya. Penerjemah: Nina Fauziah. Bandung: Kaifa.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Tristanti, L. B. 2019. The process of thinking by prospective teachers of mathematics in making arguments.Journal of Education and Learning (EduLearn) Vol. 13, No. 1, February 2019, pp. 17~24 ISSN: 2089-9823 DOI: 10.11591/edulearn.v13i1.6853

Tristanti, L.B., Sutawidjaja, A., As’ari, A.R., & Muksar, M. 2016. The Construction of Deductive Warrant Derived from Inductive Warrant in Preservice-Teacher Mathematical Argumentations. Educational Research and Reviews. Vol. 11(17), pp. 1696-1708, 10 September, 2016.

Tristanti, L.B., Sutawidjaja, A., As’ari, A.R., & Muksar, M. 2017. Types of Warrant in Mathematical Argumentations of Prospective-Teacher.International Journal of Science and Engineering Investigations. ISSN: 2251-8843, vol. 6, issue 68, September 2017, 96-101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.