PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN UNTUK MENANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

Frida Maryati Yusuf, Dewi Wahyuni K. Baderan, Anita Septiani Amu

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan rencana pembelajaran untuk menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas V SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Penelitian dirancang  menggunakan desain penelitian R & D oleh Borg and Gall. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang terdiri dari validitas rencana pembelajaran yang dikembangkan, hasil belajar yang diperoleh dengan memberikan tes formatif, hasil observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran, dianalisis setelah pembelajaran dilaksanakan, dengan melihat hasil tes yang diberikan,  yaitu menunjukkan 70% siswa tuntas (75) dalam pembelajaran, setiap diadakan tes. Persentasi  keterlaksanaan pembelajaran rata-rata mencapai minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan rencana pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba terbatas untuk melihat kepraktisan dan keefektifan rencana pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama memperoleh skor minimal 50% termasuk dalam kriteria cukup baik dan pertemuan ke dua memperoleh skor minimal 75% termasuk dalam kriteria baik. Respon siswa termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa dan penanaman karakter peduli lingkungan dapat dilihat pada perolehan N-Gain yang menunjukkan aspek knowing memperoleh 0.50, aspek moral knowing 0.35, dan aspek moral feel 0.31 termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran untuk menanamkan karakter peduli lingkungan

Full Text:

PDF

References


Uno, H. B.. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona,T. diterjemahkan Wamaungo, J.A., Jean A. R. Z. 2012 Character Matters, Persoalan Karakter Bagaimana Membantu AnakMengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Herningsih, D. P., Rudiana, A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berkarakter Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Kimia, ISBN : 978-602-0951-00-3

Mardiyah. 2017. Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol 4, Nomor 2.

Fransisca, M. 2017. Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektifitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Tekhnik Elektro, Vol 1, Nomor 1, April 2017. ISSN 2528-2688.

Aida, N. Yusminah H, Muhammad D. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Materi Sistem Ekskresi untuk Kelas XI SMA Negeri 10 Bulukumba. Jurnal Bionature, Volume 17, Nomor 1, April 2017.

Rinarta, I. N., Leny, Y., Wahono, W. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 2, Nomor 2, 2014

Daryanto., Syaiful K. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakrta: GAVA MEDIA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.