G-MATH : ALAT PERAGA MANIPULATIF BERNUANSA BUDAYA LOKAL UNTUK KONSEP KELILING BANGUN DATAR

Setiyani Setyani, Tarmidzi Tarmidzi, Ferry Ferdianto

Abstract


Kreativitas seorang guru SD terutama pelajaran matematika sangat diperukan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami siswa. Membuat alat peraga manipulatif merupakan salah satu bentuk kreativitas guru yang dapat dilakukan. G-Math atau gapura matematika dapat digunakan sebagai alat peraga manipulatif yang mudah dan murah. Dikatakan mudah karena dalam proses pembuatannya sederhana dan tidak memerlukan waktu yang lama. Dikatakan murah karena G-Math hanya terbuat dari plastik kresek, bambu dan lem aci. Tujuan Kegiatan pengabdian ini adalah implementasi G-Math yang merupakan salah satu dari beberapa alat peraga manipulatif yang telah dibuat oleh guru pada tahap sebelumnya. Implementasi dilakukan terhadap 47 siswa kelas VI. Instrumen yang digunakan adalah tes dan respons siswa terhadap G-Math. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa penggunaan G-Math mempermudah siswa dalam memahami konsep keliling bangun datar, memperkaya pengetahuan siswa tentang gapura, dan membuat suasana pembelajaran lebih interaktif. sSecara keseluruhan dari hasil angket diperoleh respons positif siswa sebesar 86% termasuk interpretasi sangat kuat. Pelatihan dan implementasi  alat peraga manipulatif yang dilakukan, dirasakan hasil dan manfaatnya oleh guru-guru SDN II Kedungjaya. Diharapkan pengabdian tentang alat peraga ini berlanjut pada mata pelajaran lain

Full Text:

PDF

References


Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118-125

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37-47.

Widodo, S. A., & Ikhwanudin, T. (2018, January). Improving mathematical problem solving skills through visual media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012004). IOP Publishing.

Riana, R. (2013). Penggunaan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(11).

Boggan, M., Harper, S., & Whitmire, A. (2010). Using Manipulatives to Teach Elementary Mathematics. Journal of Instructional Pedagogies, 3.

Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan benda-benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dan kemampuan tilikan ruang siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 1, 63-75.

Laksana, D. N. L., Kurniawan, P. A. W., & Niftalia, I. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik SD kelas IV berbasis kearifan lokal masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 1-10.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Khairiyah, U. Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan.

Mustafa, S., Dangnga, M. S., & Bahari, F. (2018, January). The Use of Dakonmatika Media Game As Efforts to Increase Mathematics Learning Results of the Fourth Grade Students at SD Negeri 61 Parepare. In University of Muhammadiyah Malang's 1st International Conference of Mathematics Education (INCOMED 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.