MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII-8 MTSN 1 MEDAN 2018/2019

Imla Rumonda Pohan

Abstract


Berdasarkan hasil observasi nilai ulangan harian IPS di kelas VII-8 MTsN 1 Medan dengan rata-rata sebesar 68,80 yang berarti bahwa masih di bawah ketuntasan kriteria minimal (KKM) yaitu sebesar ≥76 maka perlu diadakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII-8 MTs Negeri 1 Medan semester genap 2018/2019 yang berjumlah 42 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII-8 MTsN 1 Medan  Tahun Ajaran 2018/2019 melalui penerapan model Think Pair and Share. Melalui model pembelajaran Think Pair and Share diharapkan dapat lebih mempermudah pemahaman materi pelajaran yang diberikan dan nantinya dapat mempertinggi kualitas proses pembelajaran yang selanjutnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis & Mc Taggart. Metode Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, post-test, dan wawancara. persentase hasil belajar siswa yang pada kegiatan pra-siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan yang awalnya 54,76% menjadi 78,57%  dengan hasil perolehan nilai N-gain  sebesar 0,367 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Kemudian hasil belajar dari siklus 1 mengalami peningkatan  pada siklus 2 yaitu menjadi 83,33% dengan hasil perolehan nilai N-gain sebesar 0,325 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang.sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII-8 MTsN 1 Medan  Tahun Ajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF

References


Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Giyastutik. 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TPS pada mata pelajaran Biologi untuk meningkatkan Prestasi dan Belajar Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Gondangwetan Pasuruan. Malang UM

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fariska Candra AK., Sutarto, & Tjiptaning S. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Pair Share Disertai LKS Dalam Pembelajaran Fisika di SMA: Universitas Jember

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Sumarni, W. 2010. Penerapan Learning Cycle sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Inferensia Logika Mahasiswa melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar. Semarang: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 4, No. 1, 2010, hlm 521-531.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.