Abstract
Berdasarkan hasil observasi nilai ulangan harian IPS di kelas VII-8 MTsN 1 Medan dengan rata-rata sebesar 68,80 yang berarti bahwa masih di bawah ketuntasan kriteria minimal (KKM) yaitu sebesar ≥76 maka perlu diadakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII-8 MTs Negeri 1 Medan semester genap 2018/2019 yang berjumlah 42 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII-8 MTsN 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 melalui penerapan model Think Pair and Share. Melalui model pembelajaran Think Pair and Share diharapkan dapat lebih mempermudah pemahaman materi pelajaran yang diberikan dan nantinya dapat mempertinggi kualitas proses pembelajaran yang selanjutnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis & Mc Taggart. Metode Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, post-test, dan wawancara. persentase hasil belajar siswa yang pada kegiatan pra-siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan yang awalnya 54,76% menjadi 78,57% dengan hasil perolehan nilai N-gain sebesar 0,367 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Kemudian hasil belajar dari siklus 1 mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu menjadi 83,33% dengan hasil perolehan nilai N-gain sebesar 0,325 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang.sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII-8 MTsN 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
References
Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Giyastutik. 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TPS pada mata pelajaran Biologi untuk meningkatkan Prestasi dan Belajar Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Gondangwetan Pasuruan. Malang UM
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fariska Candra AK., Sutarto, & Tjiptaning S. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Pair Share Disertai LKS Dalam Pembelajaran Fisika di SMA: Universitas Jember
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
Sumarni, W. 2010. Penerapan Learning Cycle sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Inferensia Logika Mahasiswa melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar. Semarang: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 4, No. 1, 2010, hlm 521-531.
Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services