MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI LITERASI MATEMATIKA

Handoko Hadi

Abstract


Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas atau pembelajaran dalam tutorial. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kurikulum saat ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Disamping itu rendahnya minat membaca dan menulis membuat siswa enggan dalam menghadapi permasalahan matematika terutama pada beberapa soal cerita matematika. Perlu adanya penerapan suatu metode sebagai alternatif siswa dalam hal membaca dan menulis guna mendapatkan hasil belajar yang maksimal  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBI) berbasis literasi Matematika .Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperiment model quasi ekasperimental desain dengan bentuk two group post-test only desain. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA-2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA-4 sebagai kelas kontrol, dengan menggunakan uji independent sample test dengan taraf signifikan 5%.Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,007. Hal ini berarti nilai probabilitas ,  maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X IPA dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)berbasis literasi matematika di SMAN 4 Jember. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa dari 32 siswa yang mengisi angket, rata – rata persentase respon siswa terhadap semua aspek berada di atas 80%. Artinya setiap aspek direspon positif oleh siswa. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Problem Based Instruction berbasis Literasi matematika baik untuk diterapkan di dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas X IPA SMAN 4 Jember pada materi persamaan linier

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta

Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya.Yogyakarta: SUKA-Press.

Lita DN dan Qomariyah UN. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Open Ended Problems dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Edumath Volume 5 no. 2 2018 https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/math/article/view/741

Abdillah, Fahmi dan Teguh Budiarto, Mega. 2014. Profil Kemampuan Penalaran Pada Siswa Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal UNESA Math Edunesa vol 1 no 3.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Qomariyah UN. (2016). Keeffektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) dalam Pembelajaran Matematika Untuk Pokok bahasan Anuitas di Kelas XI SMK Negeri 1 Jombang. Tesis Universitas Negeri Surabaya. Tidak dipublikasikan

Trianto. (2007) Mendesain Metode Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta:Kencana

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentangStandar Isi.Jakarta: Depdiknas

Adler, Mortimerj, Charles Van Doren. 1986. Cara membaca buku dan memahaminya. Jakarta: PT. Panja Simpati.

Siregar, Syofian. 2010. Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada

A.Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 263-268. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19599

Fitriyani. (2007). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi kedua. Jakarta:Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.