Abstract
Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasisteori Multiple Intelligences ini penting untuk dikembangkan karena mampu menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkandiriselama perkuliahansesuaidenganjeniskecerdasanmasing- masing. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan LKS berbasis Multiple Intelligence yang valid, layak, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi prinsip ekologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Penelitian ini dilakukan di STKIP PGRI Tulungagung. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 4 pada matakuliah Pendidikan Sains 2, dan objek penelitian adalah LKS berbasis Teori Kecerdasan Multiple Intelligence. Instrumen pengumpulan data adalah instrumen angket meliputi uji validitas, uji kelayakan, dan uji berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil uji validitas pada LKS berbasis Multiple Intelligence pada mahasiswa semester 4 matakuliah pendidikan sains 2 untuk materi prinsip ekologi berada pada kategori valid (80%). Hal ini membuktikan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) diakui oleh validator karena memenuhi semua kriteria dan telah melalui proses revisi produk. Hasil uji kelayakan yang dilakukan pada mahasiswa berada pada kategori sangat layak (90%). Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis teori Multiple Intelligence telah berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan persentase keberhasilan sebesar 85%. Hasil ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis teori Multiple Intelligence terbukti valid, layak, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi prinsip ekologi.
References
Nasution, S.2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Gusti, R.P. 2007. UpayaMeningkatkan Hasil Belajardengan Pengoptimalan Modalitas BelajarSiswa.Jurnal Guru,4(1):35-41.
Gardner, Howard. (2003).Multiple IntelligenceAfter TwentyYears,American Educational Research Assosiation, Chicago,Illinois, April 21. 2003. (Online) (http://www.p2.harvard.edu.com, diaksespada12 September 2018)
Ruhimat, Toto. dkk, (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Hidayat, Wahyu.MeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanKreatif Matematika Siswa SMAMelalui PembelajaranKooperatifThink-Talk-Write.(MIPA UNY. 2012)
Gupton, Brooke. 2011.Multiple Intelligences:Implications for Classroom Use. Supervision ofInstruction. ED 690
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., Semmel, M.I.. 1974.Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children:A Sourcebook.Bloomington: IndianaUniversity
Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services