PENGEMBANGAN LKS BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PRINSIP EKOLOGI

Aldila Wanda Nugraha

Abstract


Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasisteori Multiple Intelligences ini penting untuk dikembangkan  karena  mampu  menjadi  sarana  bagi  mahasiswa    untuk mengembangkandiriselama  perkuliahansesuaidenganjeniskecerdasanmasing- masing.  Penelitian  ini  bertujuan  mengembangkan  dan  menghasilkan  LKS berbasis Multiple Intelligence yang valid, layak,  dan meningkatkan kemampuan berpikir  kritis  pada  materi  prinsip  ekologi.  Metode  penelitian  yang  digunakan adalah  Research  and  Development  (R&D)  dengan  model  pengembangan  4-D (Define,  Design,  Develop,  and  Disseminate).  Penelitian  ini  dilakukan  di  STKIP PGRI  Tulungagung.  Subjek  penelitian  adalah  mahasiswa  semester  4  pada matakuliah  Pendidikan  Sains  2, dan objek  penelitian adalah  LKS  berbasis Teori Kecerdasan Multiple Intelligence. Instrumen pengumpulan data adalah instrumen angket  meliputi  uji  validitas,  uji  kelayakan,  dan  uji  berpikir  kritis.  Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil uji validitas pada LKS berbasis Multiple Intelligence pada mahasiswa semester 4 matakuliah pendidikan sains 2 untuk    materi  prinsip  ekologi  berada  pada  kategori  valid  (80%).  Hal  ini membuktikan  bahwa  pengembangan  Lembar  Kerja  Siswa  (LKS)  diakui  oleh validator karena memenuhi semua  kriteria dan telah melalui proses revisi produk. Hasil  uji  kelayakan  yang  dilakukan  pada  mahasiswa  berada  pada  kategori  sangat layak (90%). Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis teori Multiple Intelligence telah berhasil  meningkatkan  kemampuan  berpikir  kritis  dengan  persentase  keberhasilan sebesar  85%.  Hasil  ini  menunjukkan  bahwa  Lembar  Kerja  Siswa  (LKS)  berbasis teori  Multiple  Intelligence  terbukti  valid,  layak,  dan  meningkatkan  kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi prinsip ekologi.

Full Text:

PDF

References


Nasution, S.2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Gusti, R.P. 2007. UpayaMeningkatkan Hasil Belajardengan Pengoptimalan Modalitas BelajarSiswa.Jurnal Guru,4(1):35-41.

Gardner, Howard. (2003).Multiple IntelligenceAfter TwentyYears,American Educational Research Assosiation, Chicago,Illinois, April 21. 2003. (Online) (http://www.p2.harvard.edu.com, diaksespada12 September 2018)

Ruhimat, Toto. dkk, (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Hidayat, Wahyu.MeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanKreatif Matematika Siswa SMAMelalui PembelajaranKooperatifThink-Talk-Write.(MIPA UNY. 2012)

Gupton, Brooke. 2011.Multiple Intelligences:Implications for Classroom Use. Supervision ofInstruction. ED 690

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., Semmel, M.I.. 1974.Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children:A Sourcebook.Bloomington: IndianaUniversity


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.