PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPSDENGAN FLASH CARD

Esty Saraswati N.H, Endah Suarma’iyah, Ade Irfan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa di sebuah SMK pada tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI PS yang berjumlah 20 siswa dengan materi Program Linear. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan flash card dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa, terlihat dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II. Pada siklus I ke Siklus II aktivitas belajar  meningkat pada aspek memperhatikan penjelasan guru sebesar 64% menjadi 88%, aspek berpikir secara individu sebesar 65% menjadi 81%, aspek berpasangan sebesar 75% menjadi 90%, aspek memecahkan, menyelesaikan masalah, dan memilih jawaban yang tepat sebesar 66% menjadi 90%, dan aspek berbagi informasi atau jawaban sebesar 75% menjadi 91%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada siklus I dengan rata-rata sebesar 63,30 menjadi 78,45 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 15,15. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal siswa pada siklu I sebesar 45% menjadi 80% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 35%.

Full Text:

PDF

References


Suardi, Moh. (2012). Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta Barat, Indonesia: Indeks.

Hartiningrum, E.S.N dan Cahyani, S.(2016).Pengaruh Penerapan Strategi Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XIIPS SMA Negeri Bareng Tahun Pelajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 Tahun 2016

Sardiman A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, Indonesia: Raja Gravindo Persada.

Hartiningrum, E.S.N dan Utami, C.R..(2019).Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Edumath.

Shoimin, Aris.(2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. (2015). Ragam Pengembangan ModelPembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Yogyakarta, Indonesia: Kata Pena.

Puspita, Candra. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe (TPS) Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Sifat-Sifat Pengerjaan Hitung pada Bilangan Bulat Siswa Kelas V SDN Jombatan IV Jombang. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang.

Anggita, Dewi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 3 Jombang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang.

Purwanto, N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung,Indonesia: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.