PENGARUH PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA MACROMEDIA AUTHORWARE 7.01 TERHADAP KEYAKINAN (BELIEF) SISWA

Aris Wulandari, Istiqomah ., Faridatul Masruroh

Abstract


Pendekatan pembelajaran berbasis masalah (Problem-based Learning, atau PBL), adalah pembelajaran yang menjadikan masalah sebagai dasar atau basis bagi siswa untuk belajar. Keyakinan siswa terhadap matematika merupakan keyakinan siswa terhadap matematika yang mempengaruhi respon siswa dalam menanggapi masalah matematika.  Dengan demikian, belief siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Berdasarkan pengamatan keadaan yang demikian juga terjadi di MAN 8 Jombang. Dalam mengatasi keyakinan matematika siswa di sekolah MAN 8 Jombang, peneliti menerapkan pembelajaran berbasis game. Game berbasis teknologi sebagai salah satu media yang efektif digunakan bagi siswa, terutama pada mata pelajaran yang sulit, seperti matematika. Authorware merupakan salah satu program yang cukup andal untuk membuat berbagai macam aplikasi tutorial. Penggunaan ikon dan flowline yang menjadi dasar pengoperasian Authorware memberikan kemudahan dalam membuat aplikasi tutorial yang menarik dan interaktif. Macromedia Authorware 7.01 sangat tepat untuk guru dalam menjelaskan materi kepada siswa hampir pada semua pokok bahasan terutama pada pokok bahasan limit sebab Macromedia Authorware 7.01 adalah program yang dapat memvisualisasikan penjelasan-penjelasan guru menjadi suatu tampilan yang menarik yang lebih diminati siswa. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Macromedia Authorware 7.01 berpengaruh terhadap keyakinan (belief)  siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIterdiri dari 150 siswa, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang terdiri dari 21 siswa. Instrumen dalam penelitian ini ada 2 yaitu angket dan tes.Berdasarkan perhitungan dengan analisis kovarian (ANCOVA)dengan bantuan program komputer SPSS 16 diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Macromedia Authorware 7.01.  berpengaruh positif terhadap keyakinan (belief)  siswa..

Full Text:

PDF

References


Abu-Hilal, M. M. 2000. A Structural Model of Attitudes Toward School Subjects, Academic Aspirations, and Achievement. Educational Psychology, 20, 75–84.

Hawkins, R.O., Collins, T., Herman, C. & Flowers, E. (2017). Using Computer – Assisted Instruction to Build Math Fact Fluency : An Implementation Guide. Intervention in SchoolClinic, 52, 141-147. Doi : 10.1177/1053451216644827.

House, J. D. 2006. Mathematics Beliefs and Achievement of Elementary School Students in Japan and the United States: Results From the Third International Mathematics and Science Study. The Journal of Genetic Psychology. 167(1): 31-45.

Isharyadi, R., Deswita, H. (2017). Pengaruh Mathematical Beliefs terhadapPrestasiBelajarMatematikaSiswa SMA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1).

Kodush, R.C., Dowker, A., Heine, A., Kaufman, L., Kucian, K. (2013). Interventions for improving numerical abilities present and future. Trends in neuroscience and education, 2(2), 85 – 93. doi: 10.1016/ j.tine.2013.04.001

Muhtarom, M., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2017). Pengembangan Angket Keyakinan Terhadap Pemecahan Masalah Dan Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1).

Ninaus, M., Kristian, K., McMullen, J., & Moellar, K., (2017). Assesing fraction knowledge by a digital game. Computer and human behavior, 70, 197 – 206.

Pajares, Frank dan Miller, M. David. 1994. Role of Self-Efficacy and Self-Concept Beliefs in Mathematical Problem Solving: A Path Analysis. Journal of Educational Psychology. 86 (2): 193-203.

Schoenfeld, A.H. 1989. Exploration of Students’ Mathematical Belief and Behavior. Journal for Research in Mathematics Education. 20 (4): 338-355.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Taradi, S. K., Taradi, M., Radic, K., & Pokrajac, N. (2005). Blending problem-based learning with Web technology positively impacts student learning outcomes in acid-base physiology. Advances in physiology education, 29(1), 35-39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.