PELATIHAN DAN PEMANFAATAN e-commerce UNTUK PEMASARAN PRODUK UMKM DESA TALES KECAMATAN NGADILUWIH, KABUPETEN KEDIRI

Aprilia Dian Evasari, Yudo Bismo Utomo, Diana Ambarwati

Abstract


Pelaksanaan  pengabdian   kepada  masyarakat  ini  melibatkan  satu  Mitra  yaitu Kelompok UMKM “KIRANA”. Mitra ini bertempat di Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih,  Kabupaten  Kediri.  Kelompok  ini  memiliki  aneka  usaha,  antara lain  aneka  kuliner  dan  kerajinan.  Permasalahan  yang  diangkat  adalah peningkatan  pelayanan  penjualan,  pemasaran,  pemesanan  produk  dari konsumen dan peningkatan manajemen (organizer) pemesanan produk dengan implementasi  teknologi  informasi.  Solusi  yang  ditawarkan  adalah  pembuatan aplikasi  e-commerce  dibuat  berbasis  teknologi  web.  Tujuan  dari  pelaksanaan pengabdian  kepada  masyarakat  ini  adalah  untuk  menerapkan  e-commerce terhadap  penjualan  anekaproduk  UMKM  yang  ada  di  Desa  Tales  dengan maksud  mengenalkan  dan  meningkatkan  omset  penjualannya,  sedangkan metode  yang  digunakan  adalah  dengan  menggunakan  metode  parsitipatif, penyuluhan,  pendampingan  dan  pelatihan.  Hasil  yang  diperoleh  dari pelaksanaan  pengabdian  kepada  masyarakat  ini  yaitu  dengan  adanya  bantuan pelatihan  dan  aplikasi  e-commerce  dapat  meningkatkan  motivasi  bagi  mitra untuk  melaksanakan  pemasaran  terhadap  produknya  supaya  omsetnya meningkat.

Full Text:

PDF

References


Abidin, 2010. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM Sebagai KekuatanStrategis Dalam Mempercepat Pembangunan Daerah. STIE Nobel Indonesia,Makasar.

Setiarso, Oke dkk, 2012. Studi Sosial Ekonomi Usaha Budidaaya ternak Itik Di Desa Pesirugan Kecamatan Margadana Kota Tegal. Laporan Hasil Penelitian.

Sudarsono, E. 2001. Kamus Ekonomi Uang dan Bank. Rineka Cipta, Jakarta.

Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Edisi kedua, cetakan ketiga. Penerbit Andi,Yogyakarta.

Irnawati, Dewi, Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis,Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Edisi Ke-VI, November 2011.

Ngai,E.W.T., Gunasekaran, A., A review for mobile commerce research and applications, ScienceDirect, Decision Support Systems 43, 2007.

Awais, Muhammad dan Samin, Tanzila, Advanced SWOT Analysis of E-Commerce, International Journal of Computer Science Issues, Vol. 9, Issue 2, No 2, March 2012

Nanehkaran, Yaser Ahangari, An Introduction To Electronic Commerce, International Journal Of Scientific & Technology Research VOLUME 2, ISSUE 4, APRIL 2013

M, Niranjanamurthy dkk, Analysis of E-Commerce and M-Commerce: Advantages, Limitations and Security issues, International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering Vol. 2, Issue 6, June 2013

Gangeshwer, D. K., E-Commerce or Internet Marketing: A Business Review from Indian Context, International Journal of u-and e-Service, Science and Technology Vol.6, No.6 (2013), pp.187-194

Shahriari, Shahrzad Dkk, E-Commerce And It Impacts On Global Trend And Market, InternationalJournal Of Research –Granthaalayah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.