GAMBARAN KADAR HEMOGLOBIN PADA SEDIAAN DARAH LENGKAP DI PMI KABUPATEN SLEMAN PROVINSI D.I YOGYAKARTA

Ana Nur ‘Aini, Wiwit Sepvianti, Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum

Abstract


Darah lengkap merupakan sediaan darah yang mengadung komponen utama berupa eritrosit, trombosit dan faktor pembekuan (V dan VIII). Sediaan darah ini umumnya diberikan pada pasien yang mengalami perdarahan masif, dikarenakan darah lengkap dapat menggantikan kehilangan darah yang terjadi dan memaksimalkan oksigenasi pada organ tubuh pasien. Darah lengkap dapat disimpan hingga 30 hari, pada suhu 2- 6˚C di dalam blood bank. Akan tetapi, masa penyimpanan darah berdampak langsung pada perubahan kualitas darah. Hal ini disebabkan terjadinya stress cells yang memicu lisis pada sel darah. Adapun lisis yang terjadi pada eritrosit akan mempengaruhi kadar hemoglobin dalam darah sedangkan kadar hemoglobin merupakan salah satu indikator kualitas darah. Apabila kadar hemoglobin kurang dari 12,5g/dL darah tidak dapat diberikan pada pasien. Pada penelitian ini dilakukan pengamatan terhadap kadar hemoglobin pada sediaan darah lengkap yang menggunakan antikoagulan CPDA-1. Adapun pengukuran kadar hemoglobin dilakukan sejak masa penyimpanan 0-30 hari menggunakan instrumen hematology analyzer sysmex xs 800i. Hasil pengukuran kadar hemoglobin selama 30 hari penyimpanan  menunjukkan bahwa kadar hemoglobin relatif stabil. Hal ini karena penurunan yang terjadi tidak terlalu signifikan, yaitu  berkisar antara 0,6-2,0%. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa  selama 30 hari penyimpanan kadar hemoglobin masih baik digunakan untuk berbagai kondisi medis yang memerlukan transfusi darah lengkap

Keywords


Eritrosit, Hemoglobin, Darah lengkap, Lama Penyimpanan dan Tranfusi Darah

Full Text:

PDF

References


. Seeber, P. dan Shander, A. 2013. Basic of Blood Management 2nd Edition. Wile Blackwell: United Kingdom.

. Wahidiyat, P.A., dan Adnani, N.B. 2016. Transfusi Rasional Pada Anak, Sari Pediatri. Vol 18 (4);325-331.

. Astuti dan laksono.2013. Keamanan darah di Indonesia. Health Advocacy: Surabaya.

. James, M. 2017.Transfusion Medicine 4th Edition. John Wiley dan Sons: Oxford.

. Anonim.2018. Buku Laporan Harian PMI Sleman. Jejaring.

. Isti, R., Rofinda, Z.D., Husni. 2018. Gambaran Morfologi Eritrosit Packed Red Cell berdasarkan Waktu Penyimpanan Di Bank Darah RSUP Dr. M Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andalas.7.

. Mangku, G. dan Senapathi, TGA. 2010. Buku Ajar Ilmu Anestesia dan Reanimasi. Indeks: Jakarta Barat.

. Scoffin.2014. Hematology Analyzers From Complete Blood Counts to Cell Morphology. In: Thermo Sci. http://www.labcompare.com/10-Featured-Articles/162042-Hematology-Analyzers-From-Complete-Blood-Counts- to-Cell- Morphology/. Accessed 03 Mei 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.