CYBERBULLYING DI KALANGAN SISWA SMA DI SIDOARJO

Nur Irmayanti, Firsty Oktaria Grahani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku cyberbullying di sekolah SMA di Sidoarjo, sejauh mana prilaku cyberbullying yang ada di sekolah. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Dengan sampel sebanyak 54 siswa. Hasil penelitian ini adalah; (1) 94% siswa memiliki media sosial berupa Whatsaap, Faceebook, Instagram dan Line sedangkan 6% siswa tidak memiliki media sosial karna HP tidak menunjang. (2) 44% siswa mempunyai geng atau kelompok sosial berupa kelompk sosial Whatsaap, sedangkan 56% tidak memiliki geng atau kelompok sosial. (3) dari semua siswa terdapat 57% siswa pernah mendapatkan cyberbullying atau bisa dikatakan korban cyberbullying, sedangkan 44% tidak perna mendapatkan cyberbullying. (4) sedangkan dalam pelaku cyberbullying terdapat 33% pernah melakukan cyberbullying, sedangkan 67% tidak perna melakukan cyberbulying. (5) tidak hanya cyberbullying, peneliti mengembangkan hasil penelitian dengan seberapa besar kondisi bullying di sekolah, terdapat 59% siswa pernah menjadi korban bullying berupa psikis (diolok) maupun fisik (dipukul) pelaku bullying disekolah sebesar 54%.


Keywords


Cyberbullying, Media Sosial, Sekolah

Full Text:

PDF

References


] Alamsyah, R., 2011. “Pengertian Cyberbullying dan Bagaimana Bentuknya”. http://infopsikologi.com/apa-pengertian-cyberbullying-dan-bagaimana bentuknya/. (diakses, 14 Agustus 2019)

] Anon., 2015. Dinas Kesehatan kabupaten Lamongan. [Online] Available at: https://lamongankab.go.id/dinkes/cyberbullying-amankah-buah-hati-anda/. (diakses,, 15 Agustus 2019)

] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2017. Jumlah Pengguna Internet Indonesian

] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2018. Jumlah Pengguna Internet Indonesian

] Beale, A. V, & Hall, K. R. (2007). Cyberbullying :’ What School Administrators ( and Parents ) Can Do, 8–13.

] Beritsatu.com. 2012. Komnas PA: Sepanjang 2011, 182 Anak Coba Bunuh Diri. diak¬ses dari http://www.beritasatu.com/keluarga/38067-komnas-pa-sepanjang-2011-182-anak- coba-bunuh-diri.html tanggal 20 Juni 2011

] Maya, Nur. 2015. Fenmena Cyberbullying dikalangan pelajar. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik Vool.4 N.3

] N. Willard, Educator’s Guide to Cyberbullying and Cyberthreats, Eugene, OR: Center for Safe and Responsible Internet Use, http://new.csriu.org/cyberbully/docs/ cbcteducator.pdf, 2007, retrieved Agustus 20, 2019.

] Prasadana, D. P. (2017). Cyberbullying dalam Media Sosial Anak SMP. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 11(1), 141-148.

] Rahayu, Flourensia Sapty. 2013. Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Infor-masi dalam Bentuk Cyberbullying di Kalangan Anak dan Remaja. Prosiding Digital Information & System Confer¬ence, Univ. Kristen Maranatha Band¬ung, September 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.