DUKUNGAN KELUARGA DALAM PROSES REHABILITASI ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM

Aironi Zuroida

Abstract


Perkembangan permasalahan anak di Indonesia semakin hari semakin semakin meningkat. Dalam masyarakat sering dijumpai kasus penyimpangan perilaku anak, bahkan lebih dari itu terdapat anak yang melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Berkaitan dengan hal tersebut melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, didirikan panti-panti sosial yang menangani anak nakal dan penanganan anak yang berhadapan dengan hukum (ABH). Selama proses rehabilitasi berlangsung keluarga sangat dibutuhkan untuk memberikan perannya dalam membantu proses rehabilitasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang Dukungan Keluarga terhadap Anak Berhadapan dengan Hukum yang masih dalam proses rehabilitasi di pusat rehabilitasi sosial. Tujuan penelitian untuk memperoleh data dan gambaran tentang dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan informative. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara semi terstruktur dan menggunakan member checking untuk menguji kredibilitas penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Rehabilitasi Sosial Marsudi Putera (PRSMP) Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan dukungan keluarga yang di berikan oleh Keluarga terdiri dari 4 aspek. Dukungan emosional, dukungan penilaian atau penghargaan, dukungan instrumental dan dukungan informatif yang diberikan, sebagian informan mendapatkan dukungandari keluarga dengan cukup baik, namun terdapat pula informan yang belum mendapatkan dukungan dari pihak keluarga. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, dukungan keluarga lebih menonjol ketika anak dalam masa rehabilitas dan dari hasil penelitian dampak dari dukungan keluarga dalam rehabilitasi sosial sangat besar bagi perkembangan perubahan perilaku anak.


Keywords


Dukungan Keluarga, Rehabilitasi Anak Berhadapan dengan Hukum

Full Text:

PDF

References


] Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

] Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/30/1260/data-pengaduan-komisi-perlindungan-anak. Di Akses pada 20 Juli 2019. Pukul 22.25 WIB.

] Kuncoro, 2002. Dukungan Sosial Keluarga Bagi Ibu Hamil. Bandung: Rajawali Press.

] Tamher, S. & Noorkasiani (2009). Kesehatan usia lanjut dengan pendekatan asuhan keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

] Bart Smet. 2000. Psikologi Kesehatan. Jakarta: Gramedia

] Friedman, M.M. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga: Riset, Teori dan Praktek. Jakarta: EGC.

] Setiadi. 2008. Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu.

] Dolan, P., Canavan, J., Pinkerton, J. 2006. Family Support asReflective Practice. London : Jessica Kingsley Publishers.

] Creswell John.W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

] Moleong, Lexi. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

] Ruwaida, A., Lilik, S., Dewi, R. (2006). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Dukungan Keluarga dengan Kesiapan Menghadapi Masa Menopause. Jurnal Indigenous.

] Yanita, A., Zamralita. (2001). Persepsi Perempuan Primipara Tentang Dukungan Suami Dalam Usaha Menanggulangi Gejala Depresi Pascasalin. Jurnal Phronesis.

] Sarafino, Edward P. & Timothy W. Smith. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions 7th edition. New York: Wiley.

] John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga

] Baron, R.A. dan Byrne, D. (2005). Psikologi sosial. Edisi kesepuluh: jilid 2. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.