stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA | Rahayu | Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS KARAKTERISTIK GAYA BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Widya Ana Rahayu, Lia Budi Tristanti

Abstract


Pada umumnya kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika  siswa SMK masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah menciptakan suasana belajar yang cocok dengan jenis gaya belajar siswa (auditorial, visual, ataupun kinestetik), sehingga diharapkan guru lebih memperhatikan karakteristik gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran yang efektif bagi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dan mengasah kemampuan berpikir kritis. Peneliti ingin melihat kemampuan pemecahan masalah dilihat dari jenis gaya belajar dan kemandirian berdasarkan teori John Dewey yang dalam merencanakan penyelesaian, diharapkan siswa mengembangkan solusi lain yang mungkin. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 1 Jombang  kelas X pada tahun ajaran 2019-2020 semester genap. Metode penelitian yang digunakan berupa kualitatif deskriptif dengan tujuan menganalisis karakteristik gaya belajar dan kemandirian siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori John Dewey. Dari hasil penelitian terungkap bahwa: 1) Subyek LW mampu melalui tahap pengenalan, pendefinisian, perumusan, mencobakan dengan tepat namun pada tahap evaluasi belum lengkap, 2) Subyek JL mampu melalui tahap pendefinisian, perumusan, mencobakan namun pada tahap pengenalan, dan evaluasi belum lengkap, 3) Subyek KAC mampu melalui tahap pendefinisian, perumusan, evaluasi namun pada tahap pengenalan, dan mencobakan belum lengkap, 4) semakin tinggi tingkat kemandirian belajar siswa, maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Oleh karena itu mengetahui karakteristik gaya belajar dan pengembangan kemandirian belajar siswa sangat diperlukan oleh individu yang belajar matematika khususnya kemampuan pemecahan masalah matematika.

Keywords


Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


. Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, (2003).

. De Porter, Bobbi, dan Hernacki, Mik. Quantum Learning. Diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa PT. Mizan Pustaka. (2007).

. De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2004. Quantum Learning. Jakarta: Kaifa.

. Sugandi, A.I (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 2 (2).

. Kusumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMP melalui Pendidikan Matematika Realistik. Desertasi pada Pascasarjana Upi Bandung: tidak diterbitkan.

. Bekti, Tri. 2014. Profil Pemecahan Masalah berbentuk Open-ended Berdasarkan Tahapan Polya Pada Siswa SMP Negeri 5 Salatiga dalam Materi Lingkaran. Salatiga:Universitas Kristen Satya Wacana.

. Purwandari, I., & Tristanti, L. B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Komat Terhadap Pemecahan Masalah Dan Kecemasan Matematika Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 1-12.

. Tristanti, L. B., Sutawidjaja, A., As' ari, A. R., & Muskar, M. (2016). The Construction of Deductive Warrant Derived from Inductive Warrant in Preservice-Teacher Mathematical Argumentations. Educational Research and Reviews, 11(17), 1696-1708.

. Tristanti, L. B., Sutawidjaja, A., As' ari, A. R., & Muskar, M. (2017). Types of Warrant in Mathematical Argumentations of Prospective-Teacher. International Journal of Science and Engineering Investigations. Vol. 6, issue 68, September 2017, Halaman 96-101

. Tristanti, L. B., Sutawidjaja, A., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2015). Modelling Student Mathematical Argumentation with Structural-Intuitive and Deductive Warrant to Solve Mathematics Problem. Proceeding of ICERD, 130-139.

. Tristanti, L. B. (2019). The process of thinking by prospective teachers of mathematics in making arguments. Journal of Education and Learning (EduLearn). Vol. 13, No. 1, February 2019, pp. 17~24

. Tahar, I & Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan dan Jarak Jauh. Vol. 7. No. 2. September 2006. Universitas Terbuka.

. Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.

. Haryono, A. (2001).Belajar mandiri konsep dan penerapannya dalam sistem pendidikan dan pelatihan terbuka/jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 2(2 ), hal. 137-161. Jakarta: Universitas Terbuka.

. Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol