PROFIL SISWA PEMENANG OLIMPIADE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA MTSN 4 JOMBANG
Abstract
Dalam proses belajar, seseorang membutuhkan suatu cara yang dianggapnya cocok atau nyaman dengan apa yang dijalaninya selama proses belajar tersebut. Kenyamanan dalam belajar tersebut merupakan gaya belajar yang dianggap cocok oleh si pembelajar, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Terdapat tiga macam dalam gaya belajar yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa pemenang olimpiade bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini lebih menekankan proses berpikir siswa peraih olimpiade dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika. Proses yang diamati adalah kegiatan siswa pada saat menyelesaikan soal olimpiade matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pemenang olimpaide matematika tingkat Kabupaten peringkat 1 sampai dengan 10 yang memenuhi gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa subjek pemenang olimpiade bergaya belajar visual adalah menuliskan apa yang diketahui dan apa saja yang menjadi petunjuk, tanpa menuliskan rumus secara detail, mengerjakan secara sistematis walaupun rumusnya tidak ditulis secara lengkap dan meneliti hasil jawaban. Subjek pemenang olimpiade bergaya belajar audio adalah menuliskan apa yang diketahui dan kadang tidak menuliskan apa saja yang menjadi petunjuk berdasarkan apa yang diketahui, tidak menuliskan rumus secara lengkap, tidak sepenuhnya mengerjakan secara sistematis dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Sedangkan Subjek pemenang olimpiade bergaya belajar kinestetik adalah menuliskan apa yang diketahui dan terkadang tidak menuliskan apa saja yang menjadi petunjuk, kadang menuliskan rumus yang akan digunakan, tidak sepenuhnya mengerjakan secara sistematis dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh dan kadang tidak sepenuhnya sesuai dengan soal tes pemecahan masalah matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Journal of EST, Volume 1 Nomor 3 Desember 2015 hal 47 – 57
Lexy J. Moleong .Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Lestari, Ade., Yarman, Syafriandi. 2012. “Penerapan Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Gaya Belajar VAK (Visual, Audio, Kinestetik)”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1. No 1. 2-3
Sugiyono. (2009). Metode Pnelitian kuantatif kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta.
Suharsimi arikunto. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta :rineka cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services