PROFIL SISWA PEMENANG OLIMPIADE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA MTSN 4 JOMBANG

Abd. Mu’thi

Abstract


Dalam proses belajar, seseorang membutuhkan suatu cara yang dianggapnya  cocok atau nyaman dengan apa yang dijalaninya selama proses belajar tersebut. Kenyamanan dalam belajar tersebut merupakan gaya belajar yang dianggap cocok oleh si pembelajar, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Terdapat tiga macam dalam gaya belajar yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa pemenang olimpiade bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik  dalam menyelesaikan masalah matematika.  Penelitian ini lebih menekankan proses berpikir siswa peraih olimpiade  dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika. Proses yang diamati adalah kegiatan siswa pada saat menyelesaikan soal olimpiade matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pemenang olimpaide matematika tingkat Kabupaten peringkat 1 sampai dengan 10 yang memenuhi gaya belajar visual, auditori  dan kinestetik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa subjek pemenang olimpiade bergaya belajar visual  adalah menuliskan apa yang diketahui dan apa saja yang menjadi petunjuk, tanpa menuliskan rumus secara detail, mengerjakan secara sistematis walaupun rumusnya tidak ditulis secara lengkap dan meneliti hasil jawaban. Subjek pemenang olimpiade bergaya belajar audio adalah menuliskan apa yang diketahui dan kadang tidak menuliskan apa saja yang menjadi petunjuk berdasarkan apa yang diketahui, tidak  menuliskan rumus secara lengkap, tidak sepenuhnya mengerjakan secara sistematis dan memeriksa kembali hasil  yang diperoleh. Sedangkan Subjek pemenang olimpiade bergaya belajar kinestetik adalah menuliskan apa yang diketahui dan terkadang tidak menuliskan apa saja yang  menjadi petunjuk, kadang menuliskan rumus yang akan digunakan, tidak sepenuhnya mengerjakan secara sistematis dan memeriksa kembali hasil  yang diperoleh  dan kadang tidak sepenuhnya sesuai dengan soal tes pemecahan masalah matematika.


Keywords


Profil Pemenang Olimpiade, Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Journal of EST, Volume 1 Nomor 3 Desember 2015 hal 47 – 57

Lexy J. Moleong .Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)

Lestari, Ade., Yarman, Syafriandi. 2012. “Penerapan Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Gaya Belajar VAK (Visual, Audio, Kinestetik)”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1. No 1. 2-3

Sugiyono. (2009). Metode Pnelitian kuantatif kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta.

Suharsimi arikunto. (2007). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta :rineka cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.