SURVEI TINGKAT KETERLAKSANAAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (STUDI PADA SD/MI,SMP/MTs SE-KECAMATAN MEGALUH)

Arum Marinda, Rahayu Prasetiyo

Abstract


Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) merupakan proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang bertujuan untuk melatih mental individu serta dapat mengembangkan aspek emosional, penalaran dan tindakan moral. Keterlaksanaan PJOK di sekolah sangatlah penting untuk menunjang kinerja fisik serta mental siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan PJOK pada SD/MI,SMP/MTs se Kecamatan Megaluh. Penelitian ini menggunakan instrumen Pangkalan Data Pendidikan Jasmani Olahraga Indonesia (PDPJOI), meliputi 4 aspek yaitu : 1) Aspek ketersediaan sarana prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, 2) Aspek ketersediaan tenaga pendidik yang kompeten sesuai bidangnya, 3) Aspek kinerja tenaga pendidik dalam kurun waktu satu tahun terakir pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, 4) Aspek prestasi dan penghargaan yang diperoleh guru dan siswa selama satu tahun terakir pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Sampel penelitian ini adalah seluruh SD/MI,SMP/MTs se Kecamatan Megaluh  yang total keseluruhan sebanyak 33 sekolah. Berdasarkan hasil pengolahan data dan hasil analisis diperoleh data rekapitulasi tingkat keterlaksanaan PJOK pada SD/MI,SMP MTs se Kecamatan Megaluh. yaitu : ketersediaan sarana dan prasarana olahraga mendapatkan nilai 166 masuk dalam kategori ‘’B’’ baik. ketersediaan tenaga pelaksana mendapatkan nilai 171 masuk dalam kategori ‘’B’’ baik. hasil kerja kurun 1 tahun lalu mendapatkan nilai 177 masuk dalam kategori ‘’C’’ cukup. dan prestasi dan pengharagaan kurun 1 tahun lalu mendapatkan nilai 45 masuk dalam kategori ‘’E’’ kurang sekali. Kesimpulannya adalah hasil yang diperoleh untuk tingkat keterlaksanaan PJOK pada SD/MI,SMP/MTs Kecamatan Megaluh mendapatkan nilai total 560 masuk dalam kategori ‘’C’’cukup.


Keywords


Tingkat Keterlaksanaan PJOK

Full Text:

PDF

References


. Mardiana Ade, Purwadi, dan Indra. 2008. Pendidikan Jasmani dan Olahraga.Jakarta: Universitas Terbuka.

. Menteri Pendidikan Nasional. 2003. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

. Maksum, A. 2008. Psikologi Olahraga. Teori dan Aplikasi. Buku tidak diterbitkan. Surabaya: Unesa University Press.

. Maksum, A. 2009. Statistik Dalam Olahraga. Handouts. Tanpa penerbit. Surabaya

. Maksum, A. 2009. Statistik Dalam Olahraga. Handouts. Tanpa penerbit. Surabaya

. Maksum, A. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005. Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

. Noor Huda, A. (2017). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Studi pada SMA Negeri se Kabupaten Bojonegoro).Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 206–214.

. Firdaus, & Dalam Inggit. (2015). Survei Tingkat Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Survei Tingkat Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMP Negeri Surabaya Selatan, 812-821.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.