MEMADUKAN TINKERING DAN THINKERING: UPAYA UNTUK MEMUTUS MITOS TENTANG PEMBELAJARAN PRAKTEK DI SMK
Abstract
Kajian ini memaparkan mitos pembelajaran praktek di SMK yang dianggap dianggap sebagai pelengkap kegiatan belajar. Untuk memutus mitos tersebut diperlukan cara pandang baru dalam memahami pembelajaran praktek. Pembelajaran praktek yang memadukan tinkering dan thinkering diharapkan memutus mitos yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Kajian ini menggunakan metode delphi, untuk merangkum hasil kajian para ahli atau peneliti terdahulu yang memiliki keahlian terkait dengan isu yang dibahas, yaitu mitos pembelajaran praktek di di SMK. Pendapat para ahli dan peneliti terdahulu selanjutnya digunakan oleh peneliti sebagai dasar membuat telaah kritis. Hasil kajian mengungkapkan bahwa pembelajaran praktek dapat mengembangkan kecakapan, keahlian, kemahiran yang akan mengantarkan lulusan sebagai calon pekerja berlevel employability. Pembelajaran praktek juga akan memperkuat berbagai soft skills yang sangat dibutuhkan oleh dunia kerja, seperti: seperti keuletan atau kegigihan dalam menjalan aktifitas, pantang menyerah, berorientasi pada hasil, proaktif, komunikatif, kemampuan bekerja dalam tim, dan dorongan untuk terus memperbaharui kecakapan dan keahlian selaras dengan tuntutan dunia kerja. Melalui pembelajaran praktek para siswa tidak hanya menghafal dan memahami konsep; tetapi ia akan dikondisikan untuk menerapkan konsep, menganalisis kegiatan praktek, sistesis dan evaluasi terhadap kegiatan yang dijalankan. Dengan demikian pembelajaran praktek akan membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi (high order thinking). Pembelajaran praktek dinilai sangat efektif untuk memperkuat spirit tinkering dan thinkering siswa, guna mempersiapkan lahirnya calon pekerja berlevel employability. Pembelajaran praktek akan dapat mengantarkan siswa sebagai calon pekerja yang tidak hanya cerdas, tetapi juga tangkas. Kajian ini merekomendasikan agar pembelajaran praktek dijadikan pendekatan pembelajaran utama di SMK, agar siswa dibiasakan untuk menjadi tinkering sekaligus thinkering sehingga ia menjilma sebagai calon pekerja berlevel employability.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rum, I.A. dan Heliati, R. 2018. Model Metode Delphi. Jakarta: Direktorat Jasa Keuangan dan BUMN, BAPENAS
Gonzales, R., P. 2004, Digital Image Processing (Pemrosesan Citra Digital), Vol. 1, Ed.2, diterjemahkan oleh Handayani, S., Andri Offset, Yogyakarta.
Wyatt, J. C, dan Spiegelhalter, D., 1991, Field Trials of Medical Decision-Aids: Potential Problems and Solutions, Clayton, P. (ed.): Proc. 15th Symposium on Computer Applications in Medical Care, Vol 1, Ed. 2, McGraw Hill Inc, New York.
BPS. Februari 2020. Keadaan Angkatan Kerja Di Indonesia Februari 2020. Jakarta: BPS RI
Claxton, G.; Lucas, B. & Webster, R. 2010. Bodies of knowledge, How new scientific understanding can help practical education. London: Edge Foundation 2010
Prianto, A; Winardi, dan Qomariyah, U. 2019. Penguatan employability dan entrepreneurability siswa SMK. Yogjakarta: Kaizen Sarana Edukasi
Rum, I.A. dan Heliati, R. 2018. Modul Metode Delphi. Jakarta: Direktorat Jasa Keuangan dan BUMN, BAPENAS
Ferrandez-Berrueco, R. M.; Kekale, T.; Devins, D. 2016. A framework for work based learning: basic pillars and the interactions between them. Journal of Higher Eduation Skills and Work-Based Learning. 6 (1) pp.35-54
Carr, R.; Palmer, S. & Hagel, P. 2015. Active learning: the importance of developing a comprehensive measure. Active Learning in Higher Education. 16. Pp. 173-186
Edelman, L.F., Monalova, T., Shirokova, G., & Tsukanova, T. 2015. The impact of family support on young entrepreneurs’ start-up activities. Journal of Business Venturing. 31. Pp. 428-448
Brewer, L. 2013. Enhancing youth employability: what? wahy? And how? Guide to core work skills. Geneva: International Labour Organization
Caballero, C. L., Walker, A., Fuller-Tyszkiewicz. 2011. The Work Readiness Scale (WRS): Developing a measure to assess Work Readiness in college graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability. 2 (2) pp. 41-54
Hackathorn, J.; Solomon, E.D.; Balnkmeyer, K.L. 2011. Learning by doing: an empirical study of active teaching techniques. The Journal of Effective Teaching. 11 (2) pp. 40-54
Brady, R.P.2010. Work Readiness Inventory (The booklet designed to accompany the Work Readiness Inventory). Indianapolis: JIST Publishing
Kasali, R. 2010. Wirausaha Mandiri: Kisah Inspiratif Anak Muda Mengalahkan Rasa Takut dan Bersahabat dengan Ketidakpastian. Menjadi Wirausaha Tangguh. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Clark, L. & Winch, C. 2007. Vocational education international approach, development and sistem. New York: Routledge
Clark, L. & Winch, C. 2007. Vocational education international approach, development and sistem. New York: Routledge
Helle, L.; Tynjala, P.; & Olkinuora, E. 2006. Project-based learning in post-secondary education- theory, practice and rubber sling shots. Higher Education. 51. Pp.287-314
Casner-Lotto, J., & Barrington, L. 2006. Are They really ready to work? Employers’ perspectives on the basic knowladge and applied skills of new entrants to the 21st century U.S. workforce. USA: The Confference Board, Inc., the Partnershipfor 21st Century Skills, Corporate Voices for Working Families, and the Society for Human Resources Management. dalam https://eric.ed.gov/?id=ED519465
Blinder, A.S. 2006. Activities that do not require physical contact or geographical proximity are most at risk. CESifo Forum. 2. 39-40
Gibb, A.A. 2002. In Pursuit of A New “enterprise” and “Entrepreneurship” Paradigm for Learning: Creative Deconstruction, New Values, New Ways of Doing Things and New Combination of Knowledge. International Journal of Management Review. Vol.4 pp. 233-269
Grubb, W.N. & Ryan, P. 1999. The roles of evaluation for vocational education and training: Plain talk on the field of dreams. Geneva: International Labour Office
Brandsford, J.D.; Brown, A.L. & Cocking, R.R. (eds). 1999. How people learn: brain, mind, experience and school. Washington, D.C.: National Academy Press
Bronowsky, J. 1973. The Ascent of Man. London: BBC Books
Chemero, A. 2009. Radical Embodied Cognitive Science. Cambridge, MA: Bradford/MIT Press
Chemero, A. 2009. Radical Embodied Cognitive Science. Cambridge, MA: Bradford/MIT Press
Abrams, R.A.; Davoli, C.C.; Du, F.; Knapp III, W.H. & Paull, D. 2008. Altered vision near the hands. Cognition. 107 (3), 1035-1047
Kasali, R. 2005. Change. Jakarta: Gramedia
Prianto, A. 2013. Berbagai variabel yang mempengaruhi kesiapan bekerja para pencari kerja. Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia.42 (3) 219-247
Decety, J. & Stevens, J. 2009. Action representation and its role in social interaction, in Keith Markman et al (eds), Handbook of Imagination and Mental Simulation. New York: Psychology Press
Ruskyte, Dziuljeta & Navickas, Vytas.2017. Efficiency of teaching and learning methods for development of learner Entrepreneurship. Pedagogika/Pedagogy. 126 (2) pp. 168-184
Spitzer, M. 1999. The Mind within the Net. Cambridge MA: Bradford/MIT Press
Goldin-Meadow, S. & Wagner, S. 2005. How our hands help us learn. Cognitive Science, 9(5), 234–41.
Clark, A. 2008. Supersizing the Mind. Oxford: Oxford University Press
Andrade, J. 2009. What does doodling do? Applied Cognitive Psychology, online doi.10.1002/acp.1561.
Brinol, P. & Petty, R. 2008.Embodied persuasion: fundamental processes by which bodily processes can impact attitudes, in Gün R. Semin, Eliot R. Smith (eds), Embodiment Grounding: Social, Cognitive, Affective and Neuroscientific Approaches. Cambridge: Cambridge University Press.
Hubert & Dreyfus, S. 1996. Mind over Machine: The Power of Human Intuition and Expertise in the Era of the Computer. New York: Free Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services