PERANCANGAN ARSITEKTUR SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA DINAS PERDAGANGAN KOTA XYZ MENGGUNAKAN TOGAF

Hendy Maulana Jaya Saputra, Muhammad Ridho Anshory

Abstract


 

Dinas Perdagangan Kota XYZ adalah badan pemerintahan yang bergerak untuk mengatur stabilitas bahan pangan pokok melalui kegiatan perdagangan di Kota XYZ. Sistem dan teknologi informasi penting dalam mendukung operasional proses bisnis organisasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancangkan arsitektur sistem dan teknologi informasi dengan menggunakan kerangka kerja The Open Group Architecture Framework. Tahapan yang dilakukan untuk melakukan penelitian ini adalah studi literatur, pengumpulan data, implementasi kerangka kerja TOGAF meliputi fase A (visi arsitektur), fase B (arsitektur bisnis), fase C (arsitektur sistem informasi), fase D (arsitektur teknologi), dan pengambilan keputusan. Pemodelan dari hasil penelitian ini digambarkan dengan notasi ArchiMate 3.1 menggunakan Archi versi 4.7.1. Hasil penelitian ini adalah berupa perancangan arsitektur bisnis, data, aplikasi, dan teknologi. Terdapat tiga aplikasi yang perlu dikembangkan, diantaranya adalah Sistem Informasi Bahan Pokok, Sistem Informasi Pengendalian dan Pelayanan Pedagang, Website Dinas Perdagangan Kota XYZ. Perancangan arsitektur ini dapat diimplementasikan dengan menerapkan lebih lanjut fase yang terdapat pada kerangka kerja TOGAF.


Keywords


Arsitektur Aplikasi, Arsitektur Bisnis, Arsitektur Data, Arsitektur Teknologi, TOGAF

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Kota Balikpapan, Peraturan Wali Kota Balikpapan Nomor 37 Tahun 2016 Tentang Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Dinas Perdagangan, Balikpapan: Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, 2016.

G. M. Marakas and J. A. O'brien, Pengantar Sistem Informasi, Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Empat, 2017.

R. E. Indrajit, Perencanaan Strategis Arsitektur Teknologi Informasi, Yogyakarta: PREINEXUS, 2015.

F. Sulianta, Teknik Perancangan Arsitektur Sistem Informasi, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2017.

H. N. Syaddad, "Perancangan Model Arsitektur Sistem Informasi Di Perguruan Tinggi Menggunakan TOGAF Architecture Development Method (ADM) (Studi Kasus: Universitas Suryakancana)," Media Jurnal Informatika, p. 26, 2015.

R. Setiawan, "Perancangan Arsitektur Enterprise untuk Perguruan Tinggi Swasta Menggunakan TOGAF ADM," Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, p. 549, 2015.

D. S. Y. &. A. N. ERP, "Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Centralized Traffic Control (Ctc) Kereta Api," Jurnal Inkofar, p. 11, 2017.

G. R. Philippe Desfray, Modeling Enterprise Architecture with TOGAF A Practical Guide Using UML and BMPN, Waltham: Elsevier Inc., 2014.

Open Group Standard, TOGAF Version 9.1, The Open Group, 2011.

Open Group Standard, ArchiMate 3.1 Specification, Reading: The Open Group, 2019.

H. M. J. Saputra, D. E. Marviainyda, R. A. Larasati, M. Z. A. Addaffa and L. H. Atrinawati, "Analisis Proses Bisnis pada Dinas Perdagangan Kota XYZdengan Menggunakan Business Process Management Lifecycle," SPECTA Journal of Technology, vol. 4, no. 1, pp. 71-83, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.