PENGARUH MOTIVASI PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X

Bagas Aria Pradana, Nurwiani Nurwiani

Abstract


Seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi informasi dapat memudahkan manusia untuk beraktifitas melihat berita dan mencari berbagai informasi yang beredar. Salah satu perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini adalah gadget. Gadget bisa dimanfaatkan oleh guru sebagai sumber belajar untuk menunjang pemahaman dan hasil belajar siswa. Karena banyak aplikasi penunjang pendidikan yang semakin lama semakin berkembang untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Akan tetapi, masih banyak guru yang belum memanfaatkan teknologi tersebut. Hal ini membuat peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi penggunaan gadget sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental, One-shot case study. Dengan populasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Jombang, dimana sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 4 yang terdiri dari 35 siswa yang diambil dengan cara teknik Convenience Sample. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket motivasi penggunaan gadget sebagai sumber belajar dan dokumentasi hasil belajar siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes materi sistem persamaan linier dua variabel dan angket motivasi penggunaan gadget sebagai sumber belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas dan dilanjutkan uji regresi linier sederhana, kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan sesuai dengan data yang sudah diperoleh. Berdasarkan output program software SPSS 20.0 for windows didapatkan Model regresi motivasi penggunaan gadget sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar adalah Ŷ= 27,829 + 0,716X. Artinya setiap penambahan 1% tingkat penggunaan gadget maka hasil belajar siswa akan meningkat sebesar 0,716. Nilai Sig = 0,000 berarti Sig < 0,05. Karena H0 ditolak maka H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh motivasi penggunaan gadget sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Jombang.


Keywords


Gadget, Sumber belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Undang-undang tentang sistem pendidikan nasional, (https://peraturan.bpk.go.id), dilihat 06 April 2020.

Susanti, D.A. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Gadget dalam Aktivitas Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa di Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Seputih Mataram , (http://digilib.unila.ac.id/32030/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf) diunduh 30 Oktober 2019.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika, (http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/61/63). Jurnal Formatif, 1 (1): 29-39. Diunduh 19 Mei 2020.

Widiasworo, E. (2017). 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Harahap, S.R., Elly, R., & Safiah, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh, (http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/8649/3657) diunduh 23 Oktober 2019.

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R.N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber BelajarMempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar, (http://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/2750) diunduh 6 April 2020.

Lestari & Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Cresswell, J.W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.