KATA BENTUKAN AFIKSASI DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
Abstract
Bahasa iklan tergolong bahasa persuasif yang bertujuan untuk mengajak penonton agar melakukan apa yang diinginkan pengiklan. Adapun penggunaan bahsanya harus lugas dan mudah dipahami, kata per kata yang digunakan harus mengundang para penikmat yaitusalah satunya penggunaan kata bentukan yang benar. Kata bentukan terbentuk dari proses afiksasi. Afiksasi merupakan salah satu jenis kajian dalam proses morfologis. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bentuk kata bentukan afiksasi dalam iklan layanan masyarakat. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian tersebut yaitu kata bentukan: berdebar, ngelanggar, biarkan, menangis, bertindaklah, mengancam, mencintai, pemanasan, kematian, penyebab, menyebabkan, mengandung, merokok, pembunuh, digunakan, menutup, menghemat, menghargai, menghormati, berlebihan, beribadah, belajar, berdekatan, bersentuhan, dimulai, penyebaran, menggunakan, mencuci, mengalir, penularan, dan mencegah
Keywords
kata bentukan, afiksasi, iklan
Full Text:
PDFReferences
Badudu, J. S. 1989. Inilah Bahasa yang Baik dan Benar. Jakarta: Gramedia.
Darjowidjojo, Soenjono. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Daryanto. 1997. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo.
Keraf, Goyrs. 1984. Tata Bahasa Bahasa Indonesia. Surabaya: Sinar Wijaya.
Kridalaksana, Harimurti. 2007. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia.
Parera, Jos Daniel. 2007. Morfologi. Jakarta: Gramedia.
Prawirasumantri, Abud. 1986. Buku Materi Pokok Kebahasaan III. Jakarta: Karunika: Jakarta Universitas Terbuka
Ramlan, M. 2001. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: PH. CVKaryono.
Samsuri. 1987. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services