PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK TUNARUNGU MENGGUNAKAN BUKU POP UP ILMU UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK

Diana Febriyanti Harum Sari, Heny Sulistyowati

Abstract


Banyaknya inovasi media pembelajaran anak normal, membuat peneliti ingin memberikan inovasi media pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini mengggunakan subjek anak tunarungu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan buku Pop Up sebagai media pembelajaran daring bagi anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan penggunaan buku Pop Up dalam pembelajaran daring. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa tunarungu kategori sedang. Data penelitian berupa transkrip video pembelajaran daring. Pengumpulan data penelitian antara lain observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, perekaman menggunakan gawai dan aplikasi Whatsapp Video Call,  mentranskrip data yang diperoleh, identifikasi data, pengkodean data, dan deskripsi data. Teknik analisis berupa analisis data, deskripsi data, dan simpulan. Pada pembelajaran daring  didapatkan data objek mampu menerima informasi dengan mengulang bahasa isyarat dan bahasa lisan peneliti. Objek memahami makna pembelajaran daring dengan melaksanakan perintah peneliti. Objek mengingat informasi dari lima pertanyaan dua diantaranya menggunakan stimulus peneliti. Objek mampu mengevaluasi dengan menyamakan sudut pandangnya dengan peneliti. Objek menanggapi dengan mengucapkan umpan balik berupa bahasa lisan dan bahasa isyarat.


Keywords


Pop Up, Tunarungu, Menyimak.

Full Text:

PDF

References


Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Sulistyowati, Heny dan Muhammad Farhan Rafi. (2020). Pemanfaatan Media Pembaca Layar pada Mahasiswa Tunanetra di STKIP PGRI Jombang. Sastranesia, 8 (1). (Online), (https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/sastra/article/view/1418), diakses 10 Agustus 2020.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hermawan, Herry. 2012. Menyimak: Keterampilan Berkomukasi Yang Terabaikan. Yogykarta: Graha Ilmu.Iramita, Liesdyah. 2019. Penggunaan Media Pop Up Book Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya. Jombang: Kun Fayakun (Anggota IKAPI)

Wardani, I.G.A.K, dkk. 2013. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Hildayani, Rini, dkk. 2014. Penanganan Anak Berkelainan (Anak dengan Kebutuhan Khusus). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan, dan Aditin Putria. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Iramita, Liesdyah. 2019. Penggunaan Media Pop Up Book Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya. Jombang: Kun Fayakun (Anggota IKAPI).

Mahsun. 2013. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djajasudarma, Fatimah. 2010. Metode Linguistik (Ancangan Metode Penelitian dan Kajian). Bandung: PT. Refika Aditama.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2011. Metodologi Penelitian Kuaitatif. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.