EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA SPIN STATISTIKA TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dengan media spin statistika terhadap pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan pre-experimental the one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes pretest-posttest. Teknik analisis data hasil tes yaitu menggunakan uji-t. Hasil penelitian pretest-posttest siswa menunjukkan nilai thitung= –3,924 dengan taraf signifikansi 5% dan batas penolakan hipotesis nol adalah ttabel = 2,048, sehingga |– 3,924| > 2,048 atau |thitung| > ttabel maka H0 ditolak atau ada perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa antara sebelum dan sesudah menerapkan model PBL dengan media spin statistika. Oleh karena itu, penerapan PBL dengan media spin statistika efektif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Susanto, Ahmad, 2013, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana.
Barret, T., 2005, Hanbook of Enquiry & Problem Based Learning, Galway: CELT.
Tristanti, L. B., Sutawidjaja, A., As' ari, A. R., & Muskar, M., 2017, Types of Warrant in Mathematical Argumentations of Prospective-Teacher. International Journal of Science and Engineering Investigations, 6(68), 96-101.
Siswono, T. Y. E., 2010, Penelitian Pendidikan Matematika, Surabaya: Unesa University Press.
Ge, X., Planas, L. G., & Er, N, 2010, A Cognitive Support System to Scaffold Students Problem Based Learning in a Web-Based Learning, 4(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services