PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IX-MTSN 1 MEDAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL ROPES TA 2019/2020
Abstract
Observasi nilai ulangan harian Bahasa Inggris di kelas IX-11 dengan nilai rata-rata kelas adalah 71,52 yang berarti bahwa masih di bawah ketuntasan kriteria minimal (KKM) yaitu sebesar ≥75, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris kelas IX-11 melalui model pembelajaran ROPES. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX-11 MTs Negeri 1 Medan semester genap 2019/2020 yang berjumlah 44 orang.Desain penelitian yang akan digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Metode Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, post-test, dan wawancara. Persentase hasil belajar siswa pada kegiatan pra-siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan yang awalnya 61,11% menjadi 77,77% dengan hasil perolehan nilai N-gain sebesar 0,332 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Kemudian hasil belajar dari siklus 1 mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu menjadi 94,4% dengan hasil perolehan nilai N-gain sebesar 0,459 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ROPES dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX-11 MTsN 1 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ersoz, Aydan.2000. Six Games for the EFL/ESl Classroom. Internet TESL Journal. [Online]. Tersedia:http://www.teflgames.com/why.html
Trianto. 2011.Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services