MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU KELAS IX-2 MTSN 1 MEDAN SEMESTER GENAP 2019/2020

Leliza Juniati

Abstract


Pentingnya melaksanakan penelitian tindakan kelas ini diawali oleh observasi nilai ulangan harian Bahasa Inggris di kelas IX-2 dengan nilai rata-rata kelas adalah 72,82 yang berarti bahwa masih di bawah ketuntasan kriteria minimal (KKM) yaitu sebesar ≥75, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris kelas IX-2 melalui model pembelajaran tari bambu. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX-2 MTs Negeri 1 Medan semester genap 2019/2020 yang berjumlah 38 orang.Desain penelitian yang akan digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Metode Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, post-test, dan wawancara. Persentase hasil belajar siswa pada kegiatan pra-siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan yang awalnya 63,28% menjadi 81,48% dengan hasil perolehan nilai N-gain  sebesar 0,38 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Kemudian hasil belajar dari siklus 1 mengalami peningkatan  pada siklus 2 yaitu menjadi 86,28% dengan hasil perolehan nilai N-gain sebesar 328 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tari bambu dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX-2 MTsN 1 Medan  Tahun Ajaran 2019/2020.


Keywords


Model Tari Bambu, Peningkatan, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Syaiful, Sagala. 2005.Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Dimyati dan Medjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Lestari, D., et al. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Habitsof Mind Pada Pebelajaran IPA Berbasis Proyek Tema Pencemarana Lingkungan Untuk Siswa SMP. (Online) Vol. 4 No. 1, (http://journal.unnes.ac.id. Diakses tanggal 2 Februari 2020)

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas

Trianto. 2011.Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan ImplementasinyaDalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.