MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU KELAS IX-2 MTSN 1 MEDAN SEMESTER GENAP 2019/2020

Leliza Juniati

Abstract


Pentingnya melaksanakan penelitian tindakan kelas ini diawali oleh observasi nilai ulangan harian Bahasa Inggris di kelas IX-2 dengan nilai rata-rata kelas adalah 72,82 yang berarti bahwa masih di bawah ketuntasan kriteria minimal (KKM) yaitu sebesar ≥75, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris kelas IX-2 melalui model pembelajaran tari bambu. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX-2 MTs Negeri 1 Medan semester genap 2019/2020 yang berjumlah 38 orang.Desain penelitian yang akan digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Metode Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, post-test, dan wawancara. Persentase hasil belajar siswa pada kegiatan pra-siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan yang awalnya 63,28% menjadi 81,48% dengan hasil perolehan nilai N-gain  sebesar 0,38 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Kemudian hasil belajar dari siklus 1 mengalami peningkatan  pada siklus 2 yaitu menjadi 86,28% dengan hasil perolehan nilai N-gain sebesar 328 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tari bambu dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX-2 MTsN 1 Medan  Tahun Ajaran 2019/2020.


Keywords


Model Tari Bambu, Peningkatan, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Syaiful, Sagala. 2005.Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Dimyati dan Medjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Lestari, D., et al. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Habitsof Mind Pada Pebelajaran IPA Berbasis Proyek Tema Pencemarana Lingkungan Untuk Siswa SMP. (Online) Vol. 4 No. 1, (http://journal.unnes.ac.id. Diakses tanggal 2 Februari 2020)

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas

Trianto. 2011.Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan ImplementasinyaDalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



slot gacor 2024

jambislot

kelas99

 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot

slot