KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KEPRIBADIAN

Aan Nur Alamsyah

Abstract


Matematika adalah suatu bidang studi yang memiliki peran penting dalam pendidikan. Karena bidang studi ini merupakan alat berpikir, berkomunikasi, alat untuk memecahkan sebagai persoalan praktis yang unsur-unsurnya logika dan matematika merupakan dasar utama dari ilmu pengetahuan yang lain. Namun pada kenyataannya matematika justru masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami, membosankan, rumit dan penuh dengan hafalan rumus. Anggapan ini membuat siswa takut untuk mempelajari matematika sehingga siswa menjadi pasif di dalam pembelajaran. Rasa frustasi dan trauma yang terus-menerus dan tidak tertangani akan menyebabkan munculnya kecemasan dalam diri siswa. Serta setiap siswa memiliki kepribadian yang berbedabeda. Dengan subyek penelitian ini adalah siswa memiliki kepribadian sanguin, koleris, melankolis, plegmatis di SMK PGRI 1 Jombang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriftif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kecemasan matematika yang di alami siswa dalam taham penyelesaian soal matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel sesuai Kepribadian.berbeda beda kecemasan matematika yang di alami siswa sesuai dengan kepribadian masing siswa.

 


Keywords


Penelitian Kualitatif, Kecemasan Matematika, Kepribadian

Full Text:

PDF

References


Bambang Wahyudi. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Sulita

Polya, G. (1973). How To Solve It (A New Aspect of Mathematical Method). New Jersey: Priceton University Press

Giancoli, Douglas C. 2001. Fisika Jilid 1 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Alex Sobur. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Ferandy Mohammad . 2015 Kupas Tuntas 4 Kepribadian: Sanguin, Koleris, Melankolis, Plegmatis. Jakarta. Satu jam.com

Adintya, R. 2016. Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Artikel Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Adams GG, Imran S, Wang S, Mohammad A, Kok S, Gray DA, et al. (2015). The hypoglycaemic effect of pumpkins as anti-diabetic and functional medicines. Food Research International. 44: 862-867.

Agustina, I. W. 2010. Profil Pengajuan Soal Matematika Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika Dan Perbedaan Jenis Kelamin. Surabaya. Jurnal Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Fedi, S., Sariyasa, dan Suparta, I. N. 2014. Tingkat Kecemasan dan Apresiasi Matematika Ditinjau dari Gender pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sekecamatan Poco Ranaka Barat, Kabupaten Manggarai Timur Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKSHA Vol. 3 No.1.

Ghufron, M. N. dan Risnawita, R. 2010. TeoriTeori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Handayani, S. D. 2016. Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika.

Koeswara, E. 1991. Teori-Teori Kepribadian. Bandung: Eresco.

Mayasari Dian dan Dwi Priyo Utom. 2019, Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Jurnal Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Qausarina Husnul, 2016. Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiaety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri 11 Banda Aceh Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh Vol.4 No. 2

Ruseffendi, E.T. 2010. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya (Edisi Cetak pertama). Bandung: Tarsito

Soemanto, W. 2012. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanti, D. W. dan Rohmah, F. A. 2011. Efektivitas Musik Klasik dalam Menurunkan Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Humanitas Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Vol. VIII. No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.