KARAKTER KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BILANGAN BULAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter kreatif dalam pemecahan masalahnya untuk materi bilangan bulat kelas VII. Dalam penelitian ini diambil 2 subyek dengan kemampuan tinggi dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dari hasil nilai PAT (Penilaian Akhir Tahun). Setiap subyek diberi tes pemecahan masalah kemudian diwawancara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan karakter kreatif dalam pemecahan masalahnya untuk materi bilangan bulat. Penelitian dilakukan di MTsN 4 Mojokerto, menggunakan situasi sosial kelas VII-D. Hasil penelitian diperoleh siswa dengan dengan kemampuan matematika tinggi memiliki perbedaan dalam menyelesaikan tes kemampuan matematika. Subyek C. A lebih mementingkan hasil benar meskipun dengan adanya langkah yang ditinggalkan tetapi mampu menerapkan karakter kreatif terbukti mampu merencanakan, membuat ide baru serta menggunakan cara lain untuk menyelesaikan tes kemampuan matematika. Sedangkan subyek F.F mengikuti sesuai dengan yang diajarkan oleh guru matematika sehingga meninggalkan 1 penerapan karakter kreatif yaitu menggunakan cara lain untuk menyelesaikan tes kemampuan matematika. Dua subyek dengan dengan kemampuan matematika tinggi menggunakan proses yang berbeda tetapi memperoleh hasil yang sama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, A.M. (2018). Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasinya). Prenadamedia Jakarta.
Alimuddin. (2009). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa melalui tugas – tugas Pemecahan Masalah. Proseding Seminar Nasional penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Budhiharti, S.J & Suyitno. H. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Karakter Kreatif dalam Pembelajaran MEA Berbantuan Modul Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education Research
Febrian, D.W. (2013). Eksperimentasi pembelajaran tgt melalui pendekatan pmri berbasis konservasi budaya berbantuan permainan tradisional terhadap
penilaian kemampuan berpikir kreatif. (Skripsi). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang.
Kementerian Pendidikan Nasional (2010), Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
Muhsetiyo, G ( … ). Modul Teori Bilangan. MPMT5202/MODUL 1
Nuharini, D & Wahyuni, T.(2008). Matematika Konsep dan Aplikasinya Kelas VII. Pusat Pebukuan departemen Pendidikan Nasional.
Trimahesti, dkk. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan teori krulik dan rutnick dalam mengerjakan soal olimpiade oleh
siswa smp. Jurnal Pendidikan Berkarakter. FKIP UM Mataram vol. 1
Wulandari, A.N, dkk. (2013). Pengembangan karakter dan pemecahan masalah melalui pembelajaran matematika dengan model tapps. Unnes Journal of Mathematic Education.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services