KARAKTER KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BILANGAN BULAT

Sulikah Sulikah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter kreatif dalam pemecahan masalahnya untuk materi bilangan bulat kelas VII. Dalam penelitian ini diambil 2 subyek dengan kemampuan tinggi dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dari hasil nilai PAT (Penilaian Akhir Tahun). Setiap subyek diberi tes pemecahan masalah kemudian  diwawancara. Penelitian ini merupakan  penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan karakter kreatif dalam pemecahan masalahnya untuk materi bilangan bulat. Penelitian dilakukan di MTsN 4 Mojokerto, menggunakan situasi sosial kelas VII-D. Hasil penelitian diperoleh siswa dengan dengan kemampuan matematika tinggi memiliki perbedaan dalam menyelesaikan tes kemampuan matematika. Subyek C. A lebih mementingkan hasil benar meskipun dengan adanya langkah yang ditinggalkan tetapi mampu  menerapkan karakter kreatif terbukti mampu merencanakan, membuat ide baru serta menggunakan cara lain  untuk menyelesaikan tes kemampuan matematika. Sedangkan subyek F.F mengikuti sesuai dengan yang diajarkan oleh guru matematika sehingga meninggalkan 1 penerapan karakter kreatif yaitu menggunakan cara lain  untuk menyelesaikan tes kemampuan matematika. Dua subyek dengan dengan kemampuan matematika tinggi menggunakan proses yang berbeda tetapi memperoleh hasil yang sama.

 


Keywords


Karakter Kreatif, Pemecahan Masalah, Bilangan Bulat

Full Text:

PDF

References


Ali, A.M. (2018). Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasinya). Prenadamedia Jakarta.

Alimuddin. (2009). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa melalui tugas – tugas Pemecahan Masalah. Proseding Seminar Nasional penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Budhiharti, S.J & Suyitno. H. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Karakter Kreatif dalam Pembelajaran MEA Berbantuan Modul Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education Research

Febrian, D.W. (2013). Eksperimentasi pembelajaran tgt melalui pendekatan pmri berbasis konservasi budaya berbantuan permainan tradisional terhadap

penilaian kemampuan berpikir kreatif. (Skripsi). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang.

Kementerian Pendidikan Nasional (2010), Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Muhsetiyo, G ( … ). Modul Teori Bilangan. MPMT5202/MODUL 1

Nuharini, D & Wahyuni, T.(2008). Matematika Konsep dan Aplikasinya Kelas VII. Pusat Pebukuan departemen Pendidikan Nasional.

Trimahesti, dkk. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan teori krulik dan rutnick dalam mengerjakan soal olimpiade oleh

siswa smp. Jurnal Pendidikan Berkarakter. FKIP UM Mataram vol. 1

Wulandari, A.N, dkk. (2013). Pengembangan karakter dan pemecahan masalah melalui pembelajaran matematika dengan model tapps. Unnes Journal of Mathematic Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.