ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS VERBAL SISWA BERKEPRIBADIAN INTROVET DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

Veny Fatimatuz Zahro, Abdul Rozak

Abstract


Kemampuan komunikasi matematis dapat diartikan sebagai suatu kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahuinya melalui peristiwa dialog atau saling hubungan yang terjadi di lingkungan kelas, dimana terjadi pengalihan pesan yang berkaitan dengan matematika. Khususnya dalam menyelesaiakan soal matematika diperlukan komunikasi secara verbal yaitu lisan dan tertulis. Melalui komunikasi guru dapat memahami kemampuan siswa dalam menginterpretasikan dan mengekspresikan pemahamannya tentang konsep dan proses matematika yang mereka pelajari. Faktor yang mempengaruhi komunikasi salah satunya yaitu tipe kepribadian. Menurut teori Jung, tipe kepribadian ada dua yaitu intovet dan ekstrovet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 2 siswa berkemampuan tinggi yang memiliki tipe kepribadian introvet. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes tertulis, angket, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi waktu untuk menguji keabsahan data. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis secara tertulis maupun lisan yang telah dibuat oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek pertama menuliskan dan menjelaskan penyelesaian soal dengan sistematis dan rinci serta menuliskan kesimpulan dengan bahasa sendiri. Subjek kedua menuliskan dan menjelaskan penyelesaian soal dengan sistematis sesuai dengan penalarannya dan menuliskan kesimpulan dengan bahasa sendiri. Adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai sikap yang harus diambil oleh guru dalam menyikapi siswa yang memiliki tipe kepribadian introvet.


Keywords


Komunikasi Matematis, Tipe Kepribadian Introvet Kemampuan Penalaran

Full Text:

PDF

References


. Hamzah dan Muhlisrarini. 2016. Perencanaan dan Stretegi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

. National Cauncil of Teacher of Mathematics. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

. Nurdina, T. 2013. Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Matematika. [online]. Tersedia : (http://tyanurdina.wordpress.com/2013/01/05/kemampuan-komunikasi-siswa-dalam-matematika/html?m=1).Diunduh 2 November 2019

. Hamdani, Lidia Sugiatno. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dikaji Dari Teori Bruner Dalam Materi Trigonometri di SMA. FKIP Untan Pontianak: Tidak diterbitkan

. Gintings, Abdorrakhman. 2010. Esensi PraktisBelajar Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

. Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

. Kadir. 2008. Kemampuan Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika pp. 339-350. UNY: Yogyakarta. [online]. Tersedia: (https://eprints.uny.ac.id/6949/). Diunduh pada 20 November 2019.

. Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

. Mustaqim, Fariz Al. 2019. True Of My Self. Jawa Tengh: FAM group. [online]. Tersedia (https://books.google.co.id/books?id=Q_vKDwAAQBAJ&pg=PA3&dq=kepribadian+menurut+adolf+heuken&hl=id).

. Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

. Mufarrihah, Iftitaahul. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta: Tidak Diterbitkan. Tersedia online (http://jurnal.fkip.uns.ac.id). Di unduh pada 10 April 2020.

. Putra, Rizki. 2018. Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Tipe Kepribadian Guardian dan Idealist. Skripsi Tidak Diterbitkan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. [online]. Tersedia: (http://ejpurnal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index). Di unduh pada 2 November 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.