PERAN TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 JOMBANG

Nabilla Evrida Putri, Raden Firman Nurbudi Prijambodo

Abstract


Proses interaksi peserta didik dengan teman sebaya sangat penting dilakukan karenan memiliki peranan penting dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Proses interaksi teman sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar tersebut dapat terjadi didalam sekolah ataupun diluar sekolah bentuk kegiatannya berupa kegiatan belajar bersama berdisukusi dan pemberian dukungan sosial emosional. Tujuan penelitian ini mendiskripsikan peran dan dampak teman sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN 1 jombang. Alasan pemilihan topik karena saat ini banyak berita-berita tentang pengaruh positif dan negatif teman sebaya dilingkungan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian mengunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan observasi wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian yang didapatkan adalah peran teman sebaya sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, peran –peran tersebut dilakukan dengan cara teman sebaya sebagai teman belajar dan dengan pemberian duukungan sosial emosional dual hal tersebut sangat beperan terhadap mengingkatnya motivasi belajar peserta didik.


Keywords


Teman sebaya, Motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


a) Terimakasih untuk kedua orang tua saya yang sudah membimbing saya dan memotivasi saya agar terus semangat menjalankan perkuliahan dan kegiatan saya sehari-hari

b) Terimakasih kepada pada kepala sekolah dan bapak ibu guru MAN 1 Jombang yang telah mengizinkan saya untuk melakukan penelitian.

c) Terima kasih kepada Ibu Dr.Rr.Agung Kesna Mahatmaharti.,M.Kes yang telah membimbing penelitian saya, yang rutin memberi motivasi,serta membimbing saya dalam pembuatan artikel ini.

DAFTAR PUSTAKA

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Azizah,2018.Perkembangan dan Pertumbuhan Dalam Psikologi Anak. (Online),( http://eprints.umsida.ac.id/1273/2/PSI%20Perkemb%20pertmbuhan.pdf) di akses tgl 1 juli 2020.

Fitria,2017.Pengaruh Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.(Online),( digilib.unila.ac.id ) diakses 5 nov 2019.

Agustina,2016.Belajar dan pembelajaran peserta didik.(Online),( http://repository.unpas.ac.id/12953/5/BAB%20II%20PDF.pdf ) diakses 01 juli 202.

Istiana,2017.Motivasi Belajar Peserta Didik. (Online) , (eprints.walisongo.ac.id ) diakses tanggal 7 nov 2019.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Krisyani,2019.Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Peserta Didik.(Online), (repository.upi.edu ) diakses tagl 8 nov 2019.

Rahmawati,2016. Peran teman sebya dalam meningkatkan motivasi dan prestasi pesertadidik.(Online),(https://eprints.uny.ac.id/8772/3/bab%202%20-%2008402244010.pdf), diakses tgl 03 sep 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.