ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN JENIS KELAMIN
Abstract
Penyelesaian soal literasi matematika berbentuk soal cerita memerlukan translasi representasi dari bentuk verbal ke bentuk representasi matematis yang lain. Strategi penyelesaian soal tiap siswa akan berbeda dikarenakan berbagai faktor, salah satunya perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa perempuan dan laki-laki dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa laki-laki (SL) dan satu siswa perempuan (SP) yang dipilih secara purposive. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa SP melibatkan representasi visual dan simbolik dalam melaksanakan prosedur penyelesaian soal; menggunakan representasi visual untuk memudahkan penyelesaian; melibatkan representasi visual dan simbolik dalam memecahkan masalah dan menerapkan stratregi sederhana; dan menuliskan kesimpulan dengan menggunakan kata-kata (representasi verbal). Sedangkan SL melibatkan representasi verbal dan simbolik dalam melaksanakan prosedur penyelesaian soal; melibatkan representasi verbal dan simbolik dalam memecahkan masalah dan menerapkan stratregi sederhana; dan menuliskan kesimpulan dengan menggunakan kata-kata (representasi verbal).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
NCTM. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM
Syafri, F.S. 2017. Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Edumath, (online), 3(1): 50-52, http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath
Rahayu, T. 2019. Analisis Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Program Linier Berdasarkan Kemampuan Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang
Rizki, L.M & Priatna, N. 2019. Mathematical Literacy as the 21st Century Skill. IOP Publishing.
Anita, I.W. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar ditinjau dari Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2).
Amir, Zubaidah. 2013. Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah, 1(XII)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs. BSNP.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services