stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENYULUHAN HIGIENE DAN SANITASI PADA UMKM SIRUP MARKISA DI DESA JATIKALANG SIDOARJO | Ngibad | Prosiding Conference on Research and Community Services

PENYULUHAN HIGIENE DAN SANITASI PADA UMKM SIRUP MARKISA DI DESA JATIKALANG SIDOARJO

Khoirul Ngibad, Muhammad Sungging Pradana

Abstract


Buah markisa menjadi salah satu bahan untuk membuat minuman kesehatan. Biasanya masyarakat lebih menyukai konsumsi buah markisa dalam bentuk sirup.Dalam program PKM (Program Kemitraan Masyarakat) ini, yang kami pilih adalah 1 mitra usaha yang bergerak dalam pembuatan sirup markisa di Dusun Jatisari Desa Jatikalang Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Salah satu permasalahan mitra dalam dalam aspek produksi adalah mitra PKM melupakan aspek higienitas dalam proses pembuatan sirup markisa. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat akan memberikan penyuluhan tentang higiene dan sanitasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode ceramah dan diskusi tentang higiene dan sanitasi. Kemudian, di akhir penyuluhan tim pengabdian masyarakat melakukan evaluasi dengan cara memberikan kuisioner tingkat pengetahuan personal higiene karyawan. Penyuluan tentang higiene dan sanitasi dengan mitra UMKM yang bergerak dalam pembuatan sirup markisa dapat diselenggarakan dengan lancar. Selain itu, penyuluhan higiene dan sanitasi dapat memberikan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan SDM mitra.

Keywords


program kemitraan masyarakat, penyuluhan, higiene, sanitasi, sirup markisa

Full Text:

PDF

References


I. Kusumastuty, “Sari Buah Markisa Ungu Mencegah Peningkatan MDA Serum Tikus dengan Diet Aterogenik,” Indones. J. Hum. Nutr., vol. 1, no. 1, pp. 50–56, 2014.

R. C. Karsinah and A. M. Hutabarat, “Markisa Asam Buah Eksotik Kaya Manfaat.” 2010.

J. M. Salgado, T. A. D. Bombarde, D. N. Mansi, S. M. de S. Piedade, and L. M. M. Meletti, “Effects of different concentrations of passion fruit peel (Passiflora edulis) on the glicemic control in diabetic rat,” Food Sci. Technol., vol. 30, no. 3, pp. 784–789, 2010.

A. Prakash, F. Rigelhof, and E. Miller, “Antioxidant activity, Medallion Laboratories Analytical Progress,” Minnesota, vol. 19, no. 2, p. 3, 2001.

T. Topowijono, “Penerapan Hygiene dan Sanitasi Dalam Upaya Peningkatan Mutu Kualitas Food and Baverage (Studi Pada Pantai Konang Desa Ngelebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek),” J. Adm. Bisnis, vol. 58, no. 2, pp. 146–154, 2018.

S. Rejeki, “Sanitasi Hygiene dan K3,” Bandung: Rekayasa Sains, 2015.

Atmodjo dan Fauziah, Manajemen Stewarding. Yogyakarta: PT ANDI, 2007.

B. S. Nasional, “SNI 01-3544: 2013,” Sirup. Jakarta Badan Standarisasi Nas. Indones.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol