IMPLEMENTASI MESIN PENCETAK ADONAN SKALA INDUSTRI DAN MANAJEMEN USAHA PRODUKSI LADRANG DI UMKM RATU MANIS
Abstract
Salah satu UMKM yang memanfaatakan makanan khas Kabupaten Banyuwangi adalah UMKM Ratu Manis yang memproduksi ladrang telur asin dan ladrang tempong. Dalam proses pencetakan ladrang masih menggunakan cetakan skala rumah tangga dengan kapasitas yang sangat terbatas dan seringkali cetakan rusak pada saat digunakan karena melebihi kapasitas. Pada saat permintaan meningkat, cetakan yang rusak dalam sebulan bisa sebanyak 8 cetakan dan 30kg pesanan tidak bisa dipenuhi. Ladrang yang dihasilkan UMKM Ratu manis memiliki bentuk, dan ketebalan yang tidak seragam. Ada yang pipih dan ada yang gemuk, karena dalam proses pembentukannya menggunakan cetakan skala rumah tangga dengan kapasitas yang terbatas sehingga kualitas dan produktivitasnya rendah yang sering mengalami kerusakan pada gigi cetakannya. Sehingga dibutuhkan mesin penipis dan cetak adonan skala industri supaya ladrang yang dihasilkan halus dan dengan kualitas yang bagus. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi UMKM Ratu Manis tahapan yang dilakukan meliputi: pelatihan dan pembinaan, penguatan teknologi melalui inovasi teknologi tepat guna, monitoring dan evaluasi. Hasil yang didapatkan dari kegiatan PKM ini adalah fasilitasi mesin penipis dan cetak adonan ladrang, peningkatan kapasitas produksi dari 20 kg per hari menjadi 40 kg per hari, produk cacat yang dihasilkan berkurang hingga 2% dari total produksi.
Keywords
Mesin Pencetak dan penipis adonan, Kualitas, Pemasaran
Full Text:
PDFReferences
Hermawan, Budi. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan 4 (2) : 9-17
Maulana, Y. 2017, http://swa.co.id/swa/csr-corner/. Retrieved 2 17, 2017, from http://swa.co.id/: http://swa.co.id/swa/csrcorner/yuswohady-ukmharusmanfaatkan-perkembangan-digital;
Soim, A. Suharyono. Abdillah Y. 2016. Pengaruh Barnd Image terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis 35 (1):146-153
Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of Brand, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services