PEMANFAATAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA REAL TEACHING DALAM MENGAJAR

Muhammad Farhan Rafi, Dian Anik Cahyani

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi mendorong pengajar untuk memanfaatkan teknologi menggunakan media elektronik sebagai media pembelajaran sebagai alat dukung dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi adalah Powtoon sebagai media presentasi yang dapat diubah menjadi video dan dapat diputar berulang-ulang. Powtoon adalah aplikasi online dengan animasi kartun yang menghadirkan efek transisi yang hidup. Powtoon mampu menyajikan materi yang lebih efektif melalui kemampuan visual, teks, grafis, gambar, foto, sound dan animasi. Mahasiswa STKIP PGRI Jombang yang melaksanakan kegiatan Real Teaching mempunyai permasalahan pada penyampaian materi dengan bentuk presentasi yang masih belum menarik. Kegiatan pengabdian yang bertujuan memberikan pelatihan media pembelajaran powtoon untuk meningkatkan kreativitas bagi mahasiswa real teaching dalam menyampaikan materi mampu memberikan solusi dengan baik. Pelatihan ini dilaksanakan di STKIP PGRI Jombang dengan sasaran mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Inggris yang melaksanakan kegiatan Real Teaching pada semester Genap 2019/2020. Kegiatan yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut: membuat Group WA, penyampaian materi melalui video, diskusi, tanya jawab, dan praktek. Pelatihan ini menghasilkan kemampuan mahasiswa real teaching dalam pembuatan bahan ajar berbasis media pembelajaran powtoon dan produknya dapat diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran di kelas dan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyengkan.

Keywords


Pelatihan, Media Pembelajaran Powtoon, Mahasiswa real teaching

Full Text:

PDF

References


Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2017. Panduan Pelaksanaan Penelitian & Pengabdian Pada Masyarakat di Perguran Tinggi : edisi XI. Ristekdikti.

Sagala. S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, dkk. 2010. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Villar, M A.2013. Developing a Mobile Learning Strategy. Amerika: ASTD


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.